Daily Devotion

Jumat, 11 Maret 2016

1 Petrus 4:8 "Tetapi yang terutama: kasihilah sungguh-sungguh seorang akan yang lain, sebab kasih menutupi banyak sekali dosa. "
Kadang cara yg terbaik utk menutupi kesalahan saudaramu adalah dgn tdk perlu tahu sama sekali apa kesalahannya. Inilah yg dilakukan oleh Sem dan Yafet, anak anak Nuh, setelah diberi khabar oleh Ham saudaranya tentang ketelanjangan ayah mereka Nuh, Sem dan Yafet memilih utk berjalan mundur dgn kain agar tdk perlu melihat ketelanjangan ayahnya. Sering kali memang telinga kita lebih condong kpd hal hal yg negative atau gossip, condong utk mau tahu urusan yg sebenarnya sama sekali bukan urusan kita, sehingga akhirnya kitapun tdk mampu menjaga atau menutupi kesalahan saudara kita. Bahkan lebih jahat lagi, yg belum tentu terbukti kesalahan saudara kita saja, sudah sulit utk dibendung, lebih sering justru di sebarkan berita berita busuk spt itu, akibatnya, saudara kita menjadi lebih tertekan lagi karena dirajam utk mati sekalian oleh perkataan perkataan kita. Ada kalanya kitapun akan berada diposisi spt Nuh atau spt wanita yg berdosa, entah karena kesalahan kita sendiri atau bukan,... setiap kita satu ketika akan memerlukan kasih yg membalut, menutup nutupi dosa dan pelanggaran, mulailah dgn memberikan kasih itu kpd yg lain sejak sekarang.

dibuat pada : 2016-03-11 15:22:30

Kamis, 10 Maret 2016

1 Petrus 4:8 "Tetapi yang terutama: kasihilah sungguh-sungguh seorang akan yang lain, sebab kasih menutupi banyak sekali dosa. "
Bagi setiap kita yg menyatakan diri sbg anak anak Tuhan, kebenaran ini seharusnya menjadi tolak ukur apakah sungguh bahwa ‎kita memang ada di dlm kasih Tuhan, yaitu jika kita 'saling mengasihi' dan hal itu dibuktikan dgn 'menutupi banyak sekali dosa..' Didlm Injil Yohanes 8, Yesus diperhadapkan dgn seorang wanita yg tertangkap bawah telah berzinah. Orang banyak termaksud para ahli taurat menuntut kematian-nya dgn merajamnya sesuai peraturan Musa. Setelah melepaskan wanita tsb dari tuntutan hukuman mati, dgn mengatakan 'siapa yg tdk berdosa, biarlah dia yg pertama tama melemparkan batu kpd wanita ini...', kemudian Yesus berpaling kpd wanita itu dan berkata 'pulang dan jgn berbuat dosa lagi.' Yesus tdk pernah menggembar gemborkan dosa wanita tsb, sekalipun Dia tahu bahwa wanita itu telah berdosa. Bukan berarti Yesus sangat toleransi terhadap dosa, namun Dia tdk merasa perlu utk membeberkan kesalahan wanita tsb, Dia hanya berpesan, 'pulang dan jgn berbuat dosa lagi'. Tdk banyak diceritakan apa yg terjadi dgn wanita tsb, namun satu kali, menjelang kematian-Nya, ketika Yesus sedang duduk makan, dtg lah seorang wanita yg memecahkan satu buli buli minyak Narwastu murni dan menuangkannya kekepala dan kaki Yesus, serta menyekanya dgn rambutnya, sesuatu yg paling berharga baginya. Membeberkan aib atau kesalahan orang tdk akan membawa orang tsb kpd pertobatan, sebaliknya, kasih yg telah Yesus tunjukan dgn membalut dan menutupi dosa, telah membuat wanita tsb merasa diterima, martabatnya dikembalikan.

dibuat pada : 2016-03-11 15:14:48

Rabu 9, Maret 2016

1 Petrus 4:8 "Tetapi yang terutama: kasihilah sungguh-sungguh seorang akan yang lain, sebab kasih menutupi banyak sekali dosa. "
Satu ketika, saya terbang pulang dari Singapore dan sore itu, saya harus sampai dirumah tepat waktu karena sudah ada janji dinner dgn istri dan anak anak, itu adalah satu hari yg istimewa bagi kami. Saya sampai di counter check in 2 menit sesudah counter check in seharusnya ditutup, SQ adalah salah satu penerbangan yg sangat ketat dlm hal ini. Penjaga counter tsb berkata 'menurut peraturan, kami tdk boleh menerima penumpang lagi...' Saya kemudian berkata: 'tolonglah, ini hari yg special buat saya dan istri, maafkan saya terlambat 2 menit,... saya tdk menuntut keadilan, yg saya butuhkan adalah grace atau anugrah, kalau saya naik dgn penerbangan yg berikutnya, saya pasti terlambat...' Bukankah setiap kita juga membutuhkan grace - anugrah...? Apa bedanya grace dgn keadilan? Grace itu hadiah tanpa mempertimbangkan rasa keadilan. Bukankah grace itulah yg Tuhan berlakukan bagi kita? Secara hukum, kita patut dihukum mati, tapi grace berkata lain, grace berkata : 'Bapa,... jgn tanggungan dosa ini ke atas mereka!...' Sebaliknya justru kita-lah yg sering kali mencoba membatalkan grace atas saudara kita, dgn cara bagaimana? Dgn cara terus menerus menuntut dan menggembor gemborkan kesalahan saudara kita yg sudah ditutupi oleh grace... Kasih tdk demikian, kasih menutupi banyak sekali dosa...

dibuat pada : 2016-03-10 09:13:03

Selasa, 8 Maret 2016

1 Petrus 4:8 "Tetapi yang terutama: kasihilah sungguh-sungguh seorang akan yang lain, sebab kasih menutupi banyak sekali dosa. "
‎Setiap manusia punya masa lalu yg kelam, sebagian begitu kotornya, sebagian sangat memalukan, atau sekedar kebodohan belaka dari sebagian lagi. Sebejat apapun masa lalu manusia, semua manusia berharap halaman kelam dimasa lalu mereka tdk lagi dibeberkan, sekalipun bukan bermaksud menutup nutupi, tapi itu kenyataan dari hasrat setiap manusia. Itulah sebabnya setiap manusia perlu Tuhan dan bertemu dgn Dia, sebab Alkitab berkata: "Berbahagialah orang yang diampuni pelanggaran-pelanggarannya, dan yang ditutupi dosa-dosanya" (Roma 4:7). Itulah yg dicari dan dikejar setiap manusia, 'kebahagiaan' dan kebahagiaan yg sejati adalah jika dosa dan pelanggaranmu diampuni dan ditutupi. Melalui setiap orang percayalah manifestasi dari kebenaran kasih yg menutupi pelanggaran ini terjadi, dan didlm rumah Tuhan juga didlm rumah tangga orang percaya-lah kebenaran ini dipraktekan. Jika tdk demikian, atau jika didlm rumah Tuhan, didlm rumah tangga orang percaya tdk ditemukan dosa dan pelanggaran yg ditutupi, bagaimana mungkin orang lain bisa bertemu Tuhan disana? Sekali lagi, kasih bukan masalah 'keeping score', kalau salah sekali saya lupakan, dua kali saya ampuni, tapi jgn coba coba sampai 3 kali,... saya akan get even, atau balas dendam. Diluar Tuhan manusia berfikir dan bertindak demikian, tapi didlm Tuhan, warna yg ada adalah kasih, dan "...kasih menutupi banyak sekali dosa."

dibuat pada : 2016-03-08 08:48:39

Senin, 7 Maret 2016

1 Petrus 4:8 "Tetapi Yang Terutama: Kasihilah Sungguh-sungguh Seorang Akan Yang Lain, Sebab Kasih Menutupi Banyak Sekali Dosa. "
Tanda Yg Paling Nyata Dari Murid Murid Kristus Adalah Jika Kita Sesama Murid Kristus Saling Mengasihi (Yoh 13:35), Sebab Jika Tdk Demikian, Kita Hanyalah Sekedar Menjadi 'orang Beragama', Yg Belum Tentu Memiliki Kristus Didlm Diri Kita, Sebab ‎1 Yohanes 4:12 Berkata: "... Jika Kita Saling Mengasihi, Allah Tetap Di Dalam Kita, Dan Kasih-Nya Sempurna Di Dalam Kita." Namun Bagaimana Dpt Dipastikan Bahwa Kita Benar Benar Saling Mengasihi? Apakah Dgn Cara Kita Berbagi? Atau Menerima Satu Sama Lain, Atau Mungkin Saling Membangun? Semua Itu Benar, Namun Ada Satu Perkara Yg Berkali Kali Dikatakan Didlm Firman Tuhan Tentang Attribute Atau Ciri Ciri Dari Kasih Yaitu "...kasih Menutupi Banyak Sekali Dosa. ". Kasih Bukan Ilmu Pasti Yg Dpt Dipelajari Dgn Berkata: Jika Ini Terjadi,... Maka Itu Akan Terjadi. Jika Kamu Melayaniku, Maka Aku Mengasihimu, Jika Kamu Memberi Aku, Maka Aku Akan Mengasihimu,...  kasih Bukan Tentang Hubungan Sebab Akibat, Kadang Kala Kasih Itu Tdk Masuk Akal, Sebab Kasih Itu Berasal Dari Allah Sendiri. Bukti Yg Paling Nyata Dari Kasih Adalah 'menutupi Banyak Dosa...'. Hanya Orang Gila Atau Suami Yg Sudah Kehilangan Kasih-nya Kpd Istrinya Yg Akan Pergi Kesana Kemari Membeberkan Kebusukan Istrinya. Anak Anak Yg Mengasihi Orang Tuanya Tdk Akan Bersaksi Melawan Orang Tuanya Sendiri, Sekalipun Orangtuanya Pernah Salah, Kasih Tdk Akan Rela Mencibirkan Bibir Utk Membeberkan Kesalahan Atau Dosa Apapun Dari Orang Yg Kita Kasihi. Jika Demikian, Benarkah Engkau Mengasihi Saudaramu?

dibuat pada : 2016-03-08 06:10:59

Jumat, 4 Maret 2016

Keluaran 19:3-5 "...Beginilah kaukatakan kepada keturunan Yakub dan kauberitakan kepada orang Israel: Kamu sendiri telah melihat apa yang Kulakukan kepada orang Mesir, dan bagaimana Aku telah mendukung kamu di atas sayap rajawali dan membawa kamu kepada-Ku.

Jadi sekarang, jika kamu sungguh-sungguh mendengarkan firman-Ku dan berpegang pada perjanjian-Ku, maka kamu akan menjadi harta kesayangan-Ku sendiri dari antara segala bangsa, sebab Akulah yang empunya seluruh bumi."  ‎Sbg harta kesayangan Tuhan, yg disayangi Tuhan, ditopang dgn sayap rajawali, dibela dan dijaga, adakah sesuatu yg perlu kita khawatirkan?

Perhatikan bagian terakhir dari ayat 5 diatas, '...sebab Akulah yang empunya seluruh bumi...' Kenapa harus dipertegas oleh Tuhan bahwa Dialah yg empunya seluruh bumi? Tujuannya adalah agar kita menjadi sadar bahwa Sang pemilik seluruh bumi itu mampu memberikan apapun yg Dia suka utk menjaga dan memelihara harta kesayangan-Nya.

Seorang anak miskin di India yg putus sekolah bertemu dlm satu kesempatan dgn Bill Gates, pemilik microsoft dan orang terkaya di bumi, melihat beban dari raut anak kecil tsb, Bill bertanya, apa yg menyusahkan hatimu? Anak itu berkata, dia ingin sekolah, tapi orang tuanya tdk mampu membayar uang sekolahnya... Bill lalu berkata, 'saya yg akan tanggung seluruh biaya sekolahmu sampai kamu selesai penuh, sejauh mana kamu mau belajar, saya yg akan bayar biayanya...' Mungkinkah ada kegalauan dan kekhawatiran lagi diraut anak tsb? Kenapa bisa tiba tiba hilang? Sebab seorang Bill Gates sudah berkata, dia yg jamin, dan Bill Gates adalah orang kaya raya. Siapakah yg berkata kpdmu hari ini: 'Aku yg mendukung engkau,... sbg harta kesayangan Ku sendiri...' Bukankah Dia Tuhan yg empunya seluruh bumi? Masihkah engkau takut?

dibuat pada : 2016-03-04 07:55:07

Kamis, 3 Maret 2016

Keluaran 19:3-5 "...Beginilah kaukatakan kepada keturunan Yakub dan kauberitakan kepada orang Israel: Kamu sendiri telah melihat apa yang Kulakukan kepada orang Mesir, dan bagaimana Aku telah mendukung kamu di atas sayap rajawali dan membawa kamu kepada-Ku.
Jadi sekarang, jika kamu sungguh-sungguh mendengarkan firman-Ku dan berpegang pada perjanjian-Ku, maka kamu akan menjadi harta kesayangan-Ku sendiri dari antara segala bangsa, sebab Akulah yang empunya seluruh bumi."  Bukan hanya Tuhan menegakkan keadilan demi utk membela harta kesayangan-Nya, Dia juga menopang kita sama spt induk rajawali mendukung anak anaknya diatas sayapnya. Tahukah saudara bagamana cara induk rajawali mendukung anak anaknya diatas sayapnya? Dgn sengaja seekor‎ induk rajawali menggoyang balikan sarangnya sendiri demi utk mengajar anak anaknya, namun ketika sang anak rajawali itu hampir jatuh, secepat kilat sang induk dtg menukik dan kemudian menggendong anak rajawali tsb diatas sayapnya... itulah yg dimaksud bahwa Tuhan mendukung kita diatas sayap rajawali. Sbg harta kesayangan Tuhan, kita akan diajar, dididik, dan dibentuk agar hidup kita tdk sia sia, namun ketika kita gagal, kita tdk dibuang, tapi diangkat kembali, sebab kita harta kesayangan-Nya. Tdk kah kita patut bersyukur bahwa kita dikasihi Tuhan bukan sbg barang mati yg tdk bergerak, namun spt seorang anak kesayangan yg diajar dan dibentuk oleh tangan bapanya.

dibuat pada : 2016-03-04 07:46:46

Rabu, 2 Maret 2016

Keluaran 19:3-5 "...Beginilah kaukatakan kepada keturunan Yakub dan kauberitakan kepada orang Israel: Kamu sendiri telah melihat apa yang Kulakukan kepada orang Mesir, dan bagaimana Aku telah mendukung kamu di atas sayap rajawali dan membawa kamu kepada-Ku.
Jadi sekarang, jika kamu sungguh-sungguh mendengarkan firman-Ku dan berpegang pada perjanjian-Ku, maka kamu akan menjadi harta kesayangan-Ku sendiri dari antara segala bangsa, sebab Akulah yang empunya seluruh bumi."  Demi utk menjaga dan mempertahankan 'harta kesayangan-Nya', Tuhan telah mengulurkan tangan yg kuat utk menekan Mesir dan Firaun agar dpt berlaku adil bagi harta kesayangan-Nya, yaitu  Israel. Perhatikan kebenaran ini, dunia dimana kita hidup sering menunjukan ketidak adilan, bahkan Salomo sendiri berkata begini: ‎Pengkhotbah 3:16 "...Ada lagi yang kulihat di bawah matahari: di tempat pengadilan, di situ pun terdapat ketidakadilan, dan di tempat keadilan, di situ pun terdapat ketidakadilan..." Adalah sia sia jika hidup saudara dan saya selalu menuntut keadilan dari manusia, kadang engkau bisa diperlakukan sangat tdk adil oleh seseorang atau satu institusi atau bahkan oleh negaramu sendiri, bahkan tdk sedikit yg diperlakukan secara tdk adil oleh orang tuanya sendiri... Firman Tuhan katakan, sekalipun demikian, jika engkau tetap berpegang pada perjanjian Tuhan, maka spt yg Dia sudah buktikan, Tuhan tdk segan segan menekan mereka yg berbuat tdk adil demi utk mempertahankan dan membela harta kesayangan-Nya. Dgn begitu, masihkah engkau perlu berontak thdp ketidak adilan?

dibuat pada : 2016-03-04 07:39:00

Selasa, 01 Maret 2016

Keluaran 19:3-5 "...Beginilah kaukatakan kepada keturunan Yakub dan kauberitakan kepada orang Israel: Kamu sendiri telah melihat apa yang Kulakukan kepada orang Mesir, dan bagaimana Aku telah mendukung kamu di atas sayap rajawali dan membawa kamu kepada-Ku.
Jadi sekarang, jika kamu sungguh-sungguh mendengarkan firman-Ku dan berpegang pada perjanjian-Ku, maka kamu akan menjadi harta kesayangan-Ku sendiri dari antara segala bangsa, sebab Akulah yang empunya seluruh bumi."  Sbg harta kesayangan Tuhan sendiri, Tuhan telah rela menunjukan keberpihakan-Nya kpd Israel dibandingkan terhadap Mesir. Tuhan memberlakukan tulah demi tulah bagi Mesir demi utk membebaskan Israel dari tangan Mesir. Sama spt seorang wanita yg merelakan lemari hiasannya di kosongkan dan menjual atau melepaskan barang barang yg ada didlmnya, hanya sekedar memberikan ruangan utk menempatkan 'harta kesayangannya' disana. Sadarkah saudara bahwa bagi Tuhan, engkau begitu berharganya sampai sampai Dia menganggap engkau dan saya sbg 'harta kesayangan-Nya sendiri'? Bahkan bagi Dia, engkau lebih berharga dibandingkan dgn semua ciptaan-Nya yg lain, sampai sampai Dia sendiri menantang, "...sebab Akulah empunya seluruh bumi..." masihkah ada kekhawatiran didirimu?

dibuat pada : 2016-03-02 02:02:33

Senin, 29 Februari 2016

Keluaran 19:3-5 "...Beginilah kaukatakan kepada keturunan Yakub dan kauberitakan kepada orang Israel: Kamu sendiri telah melihat apa yang Kulakukan kepada orang Mesir, dan bagaimana Aku telah mendukung kamu di atas sayap rajawali dan membawa kamu kepada-Ku.
Jadi sekarang, jika kamu sungguh-sungguh mendengarkan firman-Ku dan berpegang pada perjanjian-Ku, maka kamu akan menjadi harta kesayangan-Ku sendiri dari antara segala bangsa, sebab Akulah yang empunya seluruh bumi."  Di dlm rumah kita, ada barang barang yg tdk berharga yg tdk terlalu menyita perhatian kita apalagi membutuhkan perawatan dan penanganan khusus, umumnya barang barang kurang berharga spt itu kita tempatkan seadanya, tdk ada perlakuan khusus, tentu kita tdk akan mengorbankan barang barang lain demi menjaga barang mulia yg bernilai tsb. Namun ada juga mungkin barang barang yg bernilai, sekalipun belum tentu mahal harganya, namun karena barang tsb bernilai bagi kita, spt kalung emas pemberian mamah atau oma sebelum meninggal, cincin kawin, atau lain lainnya. Demi utk menjaga barang barang tsb, harga yg mahal akan berani kita bayar utk menjaganya, bahkan barang barang lain kita korbankan utk memberi tempat bagi yg bernilai atau berharga tsb. Tahukah saudara, bagi Tuhan, saudara sbg pewaris janji Abraham, menurut perkataan Tuhan sendiri, engkau adalah '... harta kesayangan-Ku sendiri dari antara segala bangsa,...'

dibuat pada : 2016-02-29 08:29:20

Jumat, 26 Februari 2016

Efesus 4:32 "Tetapi hendaklah kamu ramah seorang terhadap yang lain, penuh kasih mesra dan saling mengampuni, sebagaimana Allah di dalam Kristus telah mengampuni kamu." Ada satu perkataan ibu Teresa yg mencuplik perkataan Yesus dan sangat penuh makna: 
"Didalam akhir hidup kita, kita tidak akan dihakimi dengan seberapa banyak gelar yang kita miliki, atau seberapa banyak uang yang telah kita kumpulkan, atau seberapa banyak perkara besar yang telah kita lakukan. Kita akan di hakimi dengan ' Ketika Aku lapar, apakah kamu memberi Aku makanan? Ketika Aku telanjang, apakah kamu memberi Aku pakaian? Ketika Aku tidak punya rumah, apakah kamu memberi Aku tumpangan?".
Sungguh benar kesederhanaan ini, dunia tdk akan mengenal Kristus sekedar melalui Kebaktian Kebangunan Rohani besar besaran... atau doa semalam suntuk tanpa berbuat apa apa. Mulailah keluar dari kenyamanan yg kita bangun untuk diri kita sendiri, mulailah berlaku ramah kpd yg lain, terutama kpd mereka yg tdk berhak menerima keramahan atau yg terlantarkan,... demi kemuliaan Tuhan, berlakulah ramah kpd orang lain.

dibuat pada : 2016-02-26 21:13:44

Kamis, 25 Februari 2016

Efesus 4:32 "Tetapi Hendaklah Kamu Ramah Seorang Terhadap Yang Lain, Penuh Kasih Mesra Dan Saling Mengampuni, Sebagaimana Allah Di Dalam Kristus Telah Mengampuni Kamu." Jika Tuhan Yesus Itu Ramah, Tdk Kah Sewajarnya Saudara Dan Saya Juga Berlaku Ramah Seorang Terhadap Yg Lain? Bukankah Itu Saja Merupakan Satu Kesaksian Yg Sangat Effective? Memang Penginjilan Itu Memerlukan Biaya, Demikian Juga Berlaku Ramah, Ada Harganya, Tapi Percayalah, Semua Hal Itu Spt Satu Investasi Untuk Kerajaan Surga. Cobalah Mulai Dgn Membuka Rumahmu Utk Mengundang Orang Makan Dan Mendengarkan Keluhannya... Menyisihkan Sebagian Dari Hasil Keuntunganmu Utk Memberkati Orang Lain, Menyekolahkan Anak Orang Susah, Memberi Makan Janda Janda, Dan Membebaskan Orang Yg Berhutang Karena Susah... Beranikah Engkau Membayar Harga Tsb? Tahukah Saudara Ada Satu Doa Yg Disebutkan Oleh Firman Tuhan Berkali Kali, Dan Doa Itu Begitu Berkuasanya, Itulah Doa Orang Orang Miskin (Ulangan 15:9; Ulangan 24:15 Dll), Ketika Orang Orang Susah Tsb Berdoa, Doa Mereka Lebih Manjur Daripada Doa Para Pendeta Besar Sekalipun, Itu Sebabnya, Mari Kita Berlaku Ramah Kpd Mereka, Beri Mereka Tumpangan, Beri Mereka Makan, Tolong Mereka, Hapuskan Air Mata Mereka, Beri Mereka Senyuman Utk Masa Depan, Agar Hati Tuhan Tertuju Kpd Hidupmu.

dibuat pada : 2016-02-25 05:59:25