Morning Dew

Selasa,08 Januari 2019

Shalom selamat pagi, perhatikan ayat ayat ini : 
2 Tawarikh 28:1-5
"...Ahas berumur dua puluh tahun pada waktu ia menjadi raja dan enam belas tahun lamanya ia memerintah di Yerusalem. Ia tidak melakukan apa yang benar di mata TUHAN seperti Daud, bapa leluhurnya, 
tetapi ia hidup menurut kelakuan raja-raja Israel, bahkan ia membuat patung-patung tuangan untuk para Baal.
Ia membakar juga korban di Lebak Ben-Hinom dan membakar anak-anaknya sebagai korban dalam api, sesuai dengan perbuatan keji bangsa-bangsa yang telah dihalaukan TUHAN dari depan orang Israel. 
Ia mempersembahkan dan membakar korban di bukit-bukit pengorbanan dan di atas tempat-tempat yang tinggi dan di bawah setiap pohon yang rimbun.
Sebab itu TUHAN, Allahnya, menyerahkannya ke dalam tangan raja orang Aram. Mereka mengalahkan dia dan menawan banyak orang dari padanya, yang diangkut ke Damsyik. Kemudian ia diserahkan pula ke dalam tangan raja Israel dan mengalami kekalahan yang besar..." 

Ada seorang raja Yehuda bernama Ahas, dia hidup jahat dan tdk sesuai dgn Firman Tuhan, oleh karenanya, Tuhan menyerahkan Ahas dan pasukannya kpd tentara musuh, yaitu raja Aram dan kemudian kpd raja Israel...

Kemudian pada saat orang-orang Yehuda itu dijadikan tawanan oleh orang-orang Israel, datanglah Firman TUHAN kpd orang-orang Israel melalui nabi Oded demikian:

Ayat 9 - 11:
"...Tetapi di sana ada seorang nabi TUHAN yang bernama Oded. Ia pergi menemui tentara yang pulang ke Samaria dan berkata kepada mereka: "Lihatlah, karena kehangatan murka-Nya kepada Yehuda, TUHAN, Allah nenek moyangmu, menyerahkan mereka ke dalam tanganmu, dan kamu telah mengadakan pembunuhan di antara mereka dengan kegeraman yang sampai ke langit.
Dan sekarang kamu bermaksud menaklukkan orang Yehuda dan Yerusalem menjadi hambamu laki-laki dan perempuan. Tidak adakah pada kamu sendiri kesalahan yang besar terhadap TUHAN, Allahmu? 
Maka sekarang, dengarkanlah kataku ini: kembalikanlah orang-orang yang kamu tawan dari saudara-saudaramu itu, karena murka Allah menyala-nyala terhadap kamu."

Hal penting yg menjadi perenungan kita pagi ini adalah, terhadap orang-orang Israel, kemudian Tuhan berbicara lewat seorang nabi yg bernama Oded, dan pesan Tuhan melalui Oded utk orang-orang Israel yg sedang menawan dan memperbudak orang-orang Yehuda adalah demikian:
---> Orang-orang Yehuda itu dikalahkan karena dosa-dosa mereka, namun demikian, apakah kalian hai orang-orang Israel sama sekali tdk berdosa sehingga merasa berhak utk menawan dan memperbudak saudaramu orang-orang Yehuda?... spt itulah kira kira isi perkataan nabi Oded kpd orang-orang Israel.‎

Pelajaran penting bagi setiap anak-anak Tuhan pagi ini adalah, PENGHAKIMAN ADALAH HAK TUHAN SENDIRI, BUKAN HAK KITA!!!
Ada orang-orang jahat atau yg menurut kita layak utk dihukum dan dijahati balik, namun pagi ini Tuhan mengajarkan kita anak-anak-Nya utk memahami isi hati Bapa yg terdalam, 'penghakiman adalah hak Tuhan sendiri...' mereka mungkin jatuh dan tertawa karena dosa dan kesalahan mereka, tapi tdk berarti bahwa saya juga harus angkat batu dan ikut merajam saudara-saudara kita yg sudah jatuh terpuruk... Bukankah itu juga yg Yesus ajarkan kpd ahli-ahli Taurat dan orang-orang Farisi yg menuntut keadilan bagi perempuan yg ketangkap basah sedang berzinah?...

Lalu bagaimana cara yg terbaik memperlakukan orang-orang yg jahat yg ada disekitar kita?... berkati mereka, doakan mereka, dan beri mereka makan... sebab kita sendiri tdk lepas dari dosa dan kesalahan.

Jesus loves you and so do I

dibuat : 2019-01-09 02:25:05