Morning Dew

Senin,12 November 2018

Morning dew

Shalom selamat pagi, perhatikan ayat ayat ini : 
2 Raja-raja 2:1-3, 11-13 
Ayat 1-3
"...Menjelang saatnya TUHAN hendak menaikkan Elia ke sorga dalam angin badai, Elia dan Elisa sedang berjalan dari Gilgal. 
Berkatalah Elia kepada Elisa: "Baiklah tinggal di sini, sebab TUHAN menyuruh aku ke Betel." Tetapi Elisa menjawab: "Demi TUHAN yang hidup dan demi hidupmu sendiri, sesungguhnya aku tidak akan meninggalkan engkau." Lalu pergilah mereka ke Betel.
Pada waktu itu keluarlah rombongan nabi yang ada di Betel mendapatkan Elisa, lalu berkatalah mereka kepadanya: "Sudahkah engkau tahu, bahwa pada hari ini tuanmu akan diambil dari padamu oleh TUHAN terangkat ke sorga?" Jawabnya: "Aku juga tahu, diamlah!" 

‎Ayat 11-13
Sedang mereka berjalan terus sambil berkata-kata, tiba-tiba datanglah kereta berapi dengan kuda berapi memisahkan keduanya, lalu naiklah Elia ke sorga dalam angin badai.
Ketika Elisa melihat itu, maka berteriaklah ia: "Bapaku, bapaku! Kereta Israel dan orang-orangnya yang berkuda!" Kemudian tidak dilihatnya lagi, lalu direnggutkannya pakaiannya dan dikoyakkannya menjadi dua koyakan.  
Sesudah itu dipungutnya jubah Elia yang telah terjatuh, lalu ia berjalan hendak pulang dan berdiri di tepi sungai Yordan..."

Kurang lebih 10 tahun lamanya sejak pertama kali Elisa menerima janji Tuhan melalui Elia dlm rupa pengenaan jubah Elia yg dilemparkan kpd Elisa pada waktu Elisa sedang membajak dgn lembu lembunya dan Elisa dipanggil Elia utk menyertai perjalanan nabi itu spt yg tertulis ‎di 1 Raja-raja 19. Selama kurun waktu 10 tahun pemuridan antara Elia dan Elisa itu, tdk banyak yg Elisa lakukan, bahkan sesungguhnya, Elisa hanya berjalan membawa kandil kemana mana utk diisi air utk cuci tangan Elia, hanya itulah yg Elisa kerjakan selama 10 tahun dituntun Elia. Elisa belajar, hidup, mengamat amati, dan melayani Elia selama 10 tahun tanpa berbuat apa apa... Seorang yg sangat penurut dan tdk banyak bicara...

Tiba tiba, pada saat Elia hendak diangkat ke Surga, Elisa menjadi pribadi yg total berubah, tiba tiba langkah Elisa tdk dpt lagi dihentikan...
Elia menyuruhnya berkali kali utk 'tinggal disini...' tapi Elisa tetap ikut terus. Rombongan nabi mencoba mencegah langkah langkah kaki Elisa, tetapi Elisa tdk tergubris dgn teguran para rombongan nabi, dia terus merapat dan mengikui Elia... hingga akhirnya, jubah Elia itu benar benar diterima oleh Elisa, dan sejak hari itu, Elisa menerima pengurapan 2 kali yg ada pada Elia.

Apa yg membuat Elisa menjadi spt 'pribadi yg berbeda'‎ hari itu? Sebenarnya bukan menjadi pribadi yg berbeda, tapi itulah bukti kerja Roh Kudus didlm diri seseorang. Roh Kudus itu bila diberi tempat yg benar dan termulia dihati nurani manusia, maka Roh Kudus akan mengendalikan langkah-langkah hidup manusia... Ada waktunya Roh Kudus akan membuat langkah kita itu sekedar menurut saja, taat saja, dan ikuti saja, menahan semua keinginan dan hasrat dan semangat kita supaya kita bisa berdiam diri, tapi bukan berarti kita itu tdk berdaya... Sebab kemudian ada waktunya Roh Kudus akan membakar hati kita utk bergerak maju dan tdk bisa dihentikan oleh siapapun... Langkah-langkah hidup kita menjadi tak terbendung dan tak terhentikan lagi, sekalipun 1000 nabi mencoba menghalang halanginya, tetap tdk dpt mematahkan semangat yg sudah membara,... bukankah itu yg terjadi dgn Elisa?
‎---> Itulah yg disebut sbg "kelemah lembutan..." Lemah lembut bukan berarti tdk berdaya, lemah lembut itu berarti 'power under control... kekuatan yg dpt dikendalikan...' itulah makna kelemah lembutan. Seekor kuda jantan yg perkasa tdk akan berguna bahkan hanya akan merusak apabila kuda tsb hanya memiliki kekuatan namun tdk bisa dikendalikan.. kekuatan kuda liar tsb akan membawa kerusakan besar bagi pemiliknya dan orang lain. Bukankah itu juga yg terjadi dgn manusia? Kekuatan, kekayaan, pangkat, bahkan hikmat dan kepintaran yg kita miliki jika tdk dpt dikendalikan oleh Roh Kudus akan menjadi sesuatu yg merusak orang banyak dan diri kita sendiri... ‎Pagi ini, belajarlah utk mengendalikan diri sendiri... serahkan kendali itu kpd Tuhan, biarkan Tuhan menjadi pengemudi bagi langkah hidup kita... sebab itulah yg Dia kehendaki atas kita. Ingat, bahtera Nuh dibuat dgn rancangan Tuhan yg sangat specific, tinginya sekian, lebarnya sekian, panjangnya sekian, ruang ruangnya begini dan begitu, semuanya diatur sangat terperinci, hanya 1 saja yg seakan lupa diatur utk dibuat, yaitu nahkoda bahtera itu... Seakan terlupakan, bahtera Nuh dibuat tanpa kendali atau nahkoda, sebab memang Tuhan sendiri yg akan mengendalikan bahtera Nuh tsb...


Serahkan kendali hidupmu kpd Tuhan, maka engkau akan aman...

Jesus loves you and so do I

dibuat pada : 2018-11-12 10:10:32

Jumat,09 November 2018

Shalom selamat pagi, perhatikan ayat ayat ini : 
2 Raja-raja 1:2-4 
"...Pada suatu hari jatuhlah Ahazia dari kisi-kisi kamar atasnya yang ada di Samaria, lalu menjadi sakit. Kemudian dikirimnyalah utusan-utusan dengan pesan: "Pergilah, mintalah petunjuk kepada Baal-Zebub, allah di Ekron, apakah aku akan sembuh dari penyakit ini." 
Tetapi berfirmanlah Malaikat TUHAN kepada Elia, orang Tisbe itu: "Bangunlah, berangkatlah menemui utusan-utusan raja Samaria dan katakan kepada mereka: Apakah tidak ada Allah di Israel, sehingga kamu ini pergi untuk meminta petunjuk kepada Baal-Zebub, allah di Ekron? 
Sebab itu beginilah firman TUHAN: Engkau tidak akan bangun lagi dari tempat tidur, di mana engkau berbaring, sebab engkau pasti akan mati." Lalu pergilah Elia..."

‎Allah kita adalah Allah yg cemburu, Firman TUHAN di Ulangan 4:24 dan dibanyak ayat ayat lain lagi mengatakan: "Allah adalah Allah yg cemburu", yg tdk ingin kita umat-Nya mendua hati. Sifat atau kharakter mendua hati itu seringkali tampak abu abu... tdk spt seorang suami yg punya 2 istri atau punya istri simpanan, sebab itu terang terangan, namun sifat mendua hati dari orang percaya itu sering terbukti dan termanifestasikan hanya pada saat kita sedang terjepit atau tertekan atau bahkan pada saat kita sedang penuh sukacita...

Pada saat sungguh-sungguh terjepit, apa yg kita cari atau kita pertahankan kuat kuat itulah "allah" atau " berhala" bagi kita. Hal yg mudah sekali ditemukan, ketika kita ketahuan berbuat salah, berapa sering saudara temukan orang yg langsung serta merta berkata: " maaf kan saya, saya telah berdosa atau berbuat salah...". Kenapa kita sulit mengaku salah? Sebab reputasi dan harga diri kita lebih mulia dari Tuhan, sehingga Firman Tuhan pun kita buang demi utk menutupi reputasi atau keuntungan diri sendiri, itulah berhala atau illah illah lain yg engkau pegang kuat kuat...
Hak hak kita atau keuntungan bagi diri sendiri yg berbenturan dgn kebenaran Firman Tuhan itu juga sering muncul sbg allah palsu atau berhala ketika kita sedang terjepit...

Ahazia raja Israel jatuh sakit, ketika dia terjepit, dia mencari ‎dan minta petunjuk kepada Baal-Zebub, allah di Ekron, ‎bukan kpd Allah Israel, dan itulah yg membangkitkan cemburu Tuhan sehingga Ahazia harus mati. Ingat kebenaran ini, Ahazia mati bukan karena sakit, tapi dia mati karena dia mendua hati! Saudaraku yg terkasih, belajarlah utk tdk mendua hati pagi ini, jgn ada allah allah lain didlm hidup kita, entah itu keserakahan, entah itu kenajisan, atau semua sifat sifat yg dibenci Tuhan termaksud akar pahit, lepaskan semua itu demi utk memegang jubah Kristus, supaya kita layak dan dpt terus hidup dihadapan-Nya...

Smile, it's Friday, Jesus loves you and so do I

dibuat pada : 2018-11-09 06:48:47

Kamis,08 November 2018

Morning dew

Shalom selamat pagi, perhatikan ayat ayat ini : 
1 Raja-raja 22:4-9 
"...Lalu katanya kepada Yosafat: "Maukah engkau pergi bersama-sama aku untuk memerangi Ramot-Gilead?" Jawab Yosafat kepada raja Israel: "Kita sama-sama, aku dan engkau, rakyatku dan rakyatmu, kudaku dan kudamu."
Tetapi Yosafat berkata kepada raja Israel: "Baiklah tanyakan dahulu firman TUHAN." 
Lalu raja Israel mengumpulkan para nabi, kira-kira empat ratus orang banyaknya, kemudian bertanyalah ia kepada mereka: "Apakah aku boleh pergi berperang melawan Ramot-Gilead atau aku membatalkannya?" Jawab mereka: "Majulah! Tuhan akan menyerahkannya ke dalam tangan raja." 
Tetapi Yosafat bertanya: "Tidak adakah lagi di sini seorang nabi TUHAN, supaya dengan perantaraannya kita dapat meminta petunjuk?" 
Jawab raja Israel kepada Yosafat: "Masih ada seorang lagi yang dengan perantaraannya dapat diminta petunjuk TUHAN. Tetapi aku membenci dia, sebab tidak pernah ia menubuatkan yang baik tentang aku, melainkan malapetaka. Orang itu ialah Mikha bin Yimla." Kata Yosafat: "Janganlah raja berkata demikian."
Kemudian raja Israel memanggil seorang pegawai istana, katanya: "Jemputlah Mikha bin Yimla dengan segera!" 

Saya mendorong setiap saudara utk membaca seluruh pasal 22 dari 1 Raja-raja 22 ini secara perlahan-lahan sehingga saudara memahami kisah yg sesungguhnya terjadi.

Inilah gambaran kharakter manusia terutama kharakter orang-orang percaya yg sudah kenal dan mengecap kebaikan Tuhan sekalipun...

Sama spt Ahab,‎ seringkali ada begitu banya anak-anak Tuhan, orang percaya yg sudah kenal Tuhan, sudah mengecap dan menikmati begitu banyak kasih setia Tuhan, lalu ketika menghadapi masalah, barulah isi kharakter mereka yg sesungguhnya terlihat jelas. Bagi saya pribadi, saya menemukan ada begitu banyak orang-orang yg menghadapi masalah hidup, entah itu masalah keluarga, masalah hubungan dgn orang lain, masalah keuangan, atau ikatan ikatan yg menyesatkan, mereka dtg utk meminta nasehat dan bimbingan, namun ketika nasehat itu tdk sesuai dgn apa yg mereka ingin dengar atau harapkan, maka mereka akan menyesali dan mengabaikan nasehat tsb, bahkan tdk sedikit yg malah menjadi benci dan marah terhadap yg memberi nasehat tsb...

‎Itulah yg terjadi dgn Ahab. Ahab dikitari oleh para "nabi-nabi" atau lebih tepatnya jika dikatakan Ahab di kelilingi oleh para "nabi-nabi palsu" sebab mereka hanya mengatakan apa yg Ahab mau dengar, bukan apa yg Tuhan mau katakan. Bahkan ketika Yosafat menanyakan apakah tdk ada seorang "nabi Tuhan" yg dpt memberi nasehat yg murni dan benar, maka Mikha lalu dijemput, dan utusan yg menjemput Mikha sudah menasehati Mikha demikian: 1 Raja-raja 22:13 "Suruhan yang pergi memanggil Mikha itu, berkata kepadanya: "Ketahuilah, nabi-nabi itu sudah sepakat meramalkan yang baik bagi raja, hendaklah engkau juga berbicara seperti salah seorang dari pada mereka dan meramalkan yang baik." 

Nasehat bagi kita para hamba-hamba Tuhan, jika benar saya adalah seorang hamba Tuhan bukan hamba uang, maka nasehat yg keluar dari bibir kita harus yg sesuai Firman Tuhan sekalipun akibatnya jemaat akan keluar meninggalkan kita, let it be! Biarkan hal itu terjadi... Ada waktunya, saya hampir yakin, siapapun orangnya, pasti dia akan bertemu dgn jemaat yg spt ini, yg meminta nasehat namun tdk bersedia berubah, sampaikan saja pesan Tuhan dgn tegas dan jelas tanpa mencoba utk menjilat siapapun demi utk kemurnian kebenaran Firman Tuhan. 

Nasehat bagi semua anak-anak Tuhan, buat apa buang buang waktu minta nasehat jika kita sendiri tdk sungguh-sungguh mau berubah? Itu hanya membuang buang waktu dan tenagamu sendiri juga waktu hamba Tuhan... ‎Yesaya 1:19 mengatakan: "...Jika kamu menurut dan mau mendengar, maka kamu akan memakan hasil baik dari negeri itu." Inilah Firman Tuhan! Kita hanya akan memakan hasil baik di,... katakanlah di usaha kita, di dlm rumah tangga kita, didlm pekerjaan atau pelayanan kita, semua itu apabila dan hanya apabila kita MENURUT dan MAU MENDENGAR!!! Dgn demikian, pelajaran Firman Tuhan yg sangat sederhana hari ini, jgn buang buang waktu utk minta nasehat atau dengar Firman Tuhan apabila kita tdk mau menurut dan mau mendengar, willing and obedient, sebab berkat dan penyertaan Tuhan hanya berlaku apabila hati kita rela menuruti Firman Tuhan dan mau utk taat melakukan-Nya....


Jesus loves you and so do I

dibuat pada : 2018-11-09 06:44:53

Rabu,07 November 2018

Morning Dew 

Shalom, Selamat Pagi, Perhatikan Ayat Ayat Ini : 
1 Raja-raja 21:2-6 
"...Berkatalah Ahab Kepada Nabot: "Berikanlah Kepadaku Kebun Anggurmu Itu, Supaya Kujadikan Kebun Sayur, Sebab Letaknya Dekat Rumahku. Aku Akan Memberikan Kepadamu Kebun Anggur Yang Lebih Baik Dari Pada Itu Sebagai Gantinya, Atau Jikalau Engkau Lebih Suka, Aku Akan Membayar Harganya Kepadamu Dengan Uang." 
Jawab Nabot Kepada Ahab: "Kiranya TUHAN Menghindarkan Aku Dari Pada Memberikan Milik Pusaka Nenek Moyangku Kepadamu!" 
Lalu Masuklah Ahab Ke Dalam Istananya Dengan Kesal Hati Dan Gusar Karena Perkataan Yang Dikatakan Nabot, Orang Yizreel Itu, Kepadanya: "Tidak Akan Kuberikan Kepadamu Milik Pusaka Nenek Moyangku." Maka Berbaringlah Ia Di Tempat Tidurnya Dan Menelungkupkan Mukanya Dan Tidak Mau Makan. 
Lalu Datanglah Izebel, Isterinya, Dan Berkata Kepadanya: "Apa Sebabnya Hatimu Kesal, Sehingga Engkau Tidak Makan?"
Lalu Jawabnya Kepadanya: "Sebab Aku Telah Berkata Kepada Nabot, Orang Yizreel Itu: Berikanlah Kepadaku Kebun Anggurmu Dengan Bayaran Uang Atau Jika Engkau Lebih Suka, Aku Akan Memberikan Kebun Anggur Kepadamu Sebagai Gantinya. Tetapi Sahutnya: Tidak Akan Kuberikan Kepadamu Kebun Anggurku Itu."

Jika Kita Melihat Percakapan Antara Raja Ahab Dan Nabot Pemilik Kebun Anggur Disebelah Istana Raja, Seakan Percakapan Atau Tawaran Raja Ahab Itu Wajar Dan Bahkan Terkesan Sangat Bijaksana. Sebagai Raja Sekalipun, Dia Masih Ingin Membayar Dengan Uang Atau Ditukar Dengan Kebun Anggur Lain Yang Lebih Baik Sehingga Ahab Bisa Menerima Kebun Anggur Nabot Dengan Membayar Harga Yang Wajar Bahkan Diatas Harga Wajar...

Masalah Yang Terjadi Adalah Seperti Yang Diceritakan Di Ayat-ayat Berikutnya Demikian: 
‎1 Raja-raja 21:5-10 "Lalu Datanglah Izebel, Isterinya, Dan Berkata Kepadanya: "Apa Sebabnya Hatimu Kesal, Sehingga Engkau Tidak Makan?"
Lalu Jawabnya Kepadanya: "Sebab Aku Telah Berkata Kepada Nabot, Orang Yizreel Itu: Berikanlah Kepadaku Kebun Anggurmu Dengan Bayaran Uang Atau Jika Engkau Lebih Suka, Aku Akan Memberikan Kebun Anggur Kepadamu Sebagai Gantinya. Tetapi Sahutnya: Tidak Akan Kuberikan Kepadamu Kebun Anggurku Itu." 
Kata Izebel, Isterinya, Kepadanya: "Bukankah Engkau Sekarang Yang Memegang Kuasa Raja Atas Israel? Bangunlah, Makanlah Dan Biarlah Hatimu Gembira! Aku Akan Memberikan Kepadamu Kebun Anggur Nabot, Orang Yizreel Itu."
Kemudian Ia Menulis Surat Atas Nama Ahab, Memeteraikannya Dengan Meterai Raja, Lalu Mengirim Surat Itu Kepada Tua-tua Dan Pemuka-pemuka Yang Diam Sekota Dengan Nabot.
Dalam Surat Itu Ditulisnya Demikian: "Maklumkanlah Puasa Dan Suruhlah Nabot Duduk Paling Depan Di Antara Rakyat.
Suruh Jugalah Dua Orang Dursila Duduk Menghadapinya, Dan Mereka Harus Naik Saksi Terhadap Dia, Dengan Mengatakan: Engkau Telah Mengutuk Allah Dan Raja. Sesudah Itu Bawalah Dia Ke Luar Dan Lemparilah Dia Dengan Batu Sampai Mati."

Izebel Istri Ahab Mengusulkan Dan Melakukan Sesuatu Atas Nama Ahab Perkara Keji Yang Dapat Kita Simpulkan Seperti Ini:

- Manusia Akan Jatuh Ke Dalam Kesombongan Dan Kejahatan Yang Sangat Dalam Apabila Manusia Sudah Merasa "ber-hak‎" Untuk Melakukan Atau Menerima Sesuatu... Bukankah Itu Yang Ada Dipikiran Dan Di Hati Izebel Ketika Dia Berkata: 1 Raja-raja 21:7 " Kata Izebel, Isterinya, Kepadanya: "Bukankah Engkau Sekarang Yang Memegang Kuasa Raja Atas Israel? Bangunlah, Makanlah Dan Biarlah Hatimu Gembira! Aku Akan Memberikan Kepadamu Kebun Anggur Nabot, Orang Yizreel Itu."
‎---> Semua Yang Ada Pada Kita, Baik Itu Kekuasaan, Kekayaan, Ketrampilan Atau Apapun Juga, Semua Itu Dari Tuhan, Jangan Pernah Merasa Itu Adalah Hasil Usaha Saya Sendiri Sehingga Memupuk Pola Pikir, SAYA BER HAK UNTUK SEMUA ITU!!!

- Hukum Ketiga Dari 10 Perintah Allah Berkata: Keluaran 20:7 "... Jangan Menyebut Nama TUHAN, Allahmu, Dengan Sembarangan, Sebab TUHAN Akan Memandang Bersalah Orang Yang Menyebut Nama-Nya Dengan Sembarangan." Berkali Kali Saya Menasehati Anak-anak Tuhan Dan Juga Hamba-hamba Tuhan Agar Tdk Selalu Secara Sembarangan Membawa Bawa Tuhan Dlm Pembicaraan Mereka, Apalagi Kalau Itu Hanya Sekedar Utk Menunjukan Betapa Rohaninya Dirinya Itu,atau Bahkan Utk Menutup Nutupi Dosanya Sendiri Dgn Menampilkan Dirinya Sbg Orang Yg Rohani. Itulah Makna Dari Menyebut Nama TUHAN Dgn Sembarangan Atau Dgn Sia Sia... Izebel Memuluskan Tujuan Jahatnya Dgn Mengadakan Puasa Raya, 1 Raja-raja 21:9-10 Menjelaskan Perkataan Izebel: "Maklumkanlah Puasa Dan Suruhlah Nabot Duduk Paling Depan Di Antara Rakyat. Suruh Jugalah Dua Orang Dursila Duduk Menghadapinya, Dan Mereka Harus Naik Saksi Terhadap Dia, Dengan Mengatakan: Engkau Telah Mengutuk Allah Dan Raja. Sesudah Itu Bawalah Dia Ke Luar Dan Lemparilah Dia Dengan Batu Sampai Mati." ‎---> Puasa Raya Dan Perayaan Ibadah Kerohanian Digunakan Utk Memuluskan Kerakusan Hatinya Sendiri... Bukankah Sering Kita Menemukan Mimbar Dikotori Dengan Perkataan Perkataan Seperti Itu, Yang Tujuannya Supaya Saya Diuntungkan Dengan Mengatas Namakan Tuhan? 


‎Itulah Roh Izebel, Merasa Berhak Dan Menghalalkan Segala Cara Atas Nama Tuhan... Jauhi Yang Seperti Itu!


Jesus Loves You And So Do I

dibuat pada : 2018-11-07 07:01:40

Selasa,06 November 2018

Shalom selamat pagi, perhatikan ayat-ayat ini :
1 Raja-raja 20:31-34 "Lalu berkatalah pegawai-pegawainya kepadanya: "Ketahuilah, kami telah mendengar, bahwa raja-raja kaum Israel itu adalah raja-raja pemurah. Marilah kita menaruh kain kabung pada pinggang kita dan tali pada kepala kita, dan dengan demikian keluar menghadap raja Israel; barangkali ia akan menyelamatkan nyawamu." 
Lalu mereka melilitkan kain kabung pada pinggang mereka dan tali pada kepala mereka, kemudian mereka pergi menghadap raja Israel sambil berkata: "Hambamu Benhadad berkata: Kiranya tuanku membiarkan aku hidup." Jawabnya: "Masih hidupkah dia? Dia saudaraku." 
Orang-orang itu menganggap hal itu sebagai tanda yang baik, maka segeralah mereka berpegang pada perkataannya itu, lalu berkata: "Memang saudaramu Benhadad!" Sesudah itu berkatalah Ahab: "Pergilah, ambil dia!" Jadi keluarlah Benhadad mendapatkan dia, lalu diajak naik ke atas kereta. 
Kata Benhadad kepadanya: "Kota-kota yang telah diambil bapaku dari pihak bapamu akan kukembalikan; engkau boleh juga membuat pasar bagimu di Damsyik, seperti yang dibuat bapaku di Samaria." "Dan aku sendiri," kata Ahab, "akan membiarkan engkau pergi dengan perjanjian." Lalu ia mengadakan perjanjian dengan dia dan membiarkannya pergi.‎.."

Jika kita memperhatikan seluruh pasal ini, 1 Raja-raja 20, maka kita akan melihat betapa angkuhnya Benhadad raja Aram itu. Benhadad bukan hanya begitu sombong dan berlaku jahat terhadap Ahab raja Israel, tapi dia juga begitu angkuh terhadap Tuhan...‎ Namun demikian, sekalipun Tuhan dgn tegas menyatakan utk menumpas habis semua musuh musuh Israel, Ahab memilih utk menyelamatkan Benhadad bahkan menganggap Benhadad sbg saudaranya. Oleh sebab itu, murka TUHAN turun atas Ahab demikian:
1 Raja-raja 20:42-43 "Kata nabi itu kepadanya: "Beginilah firman TUHAN: Oleh karena engkau telah membiarkan lolos orang yang dikhususkan bagi-Ku untuk ditumpas, maka nyawamu adalah ganti nyawanya dan rakyatmu ganti rakyatnya."Lalu raja Israel pergi ke istananya dengan kesal hati dan gusar, maka sampailah ia di Samaria..."

Pelajaran penting yg sangat berguna bagi kita pagi ini, kenapa Ahab memilih utk bersahabat dgn Benhadad, bahkan menganggap dia sbg saudaranya? Sekalipun hal itu dibenci Tuhan, sebab sekali lagi, kita cenderung mendekati dan didekati oleh orang-orang yg sama spt kita, bukan oleh orang-orang yg kita mau dekati... the birds with the same feathers flock together - burung yg bulunya sama, terbang bersama-sama...

Jadi kuncinya adalah hati nurani kita sendiri, bangunlah diri kita sendiri . Paulus melatih dirinya sendiri dgn berkata di: 1 Korintus 9:27 " Tetapi aku melatih tubuhku dan menguasainya seluruhnya, supaya sesudah memberitakan Injil kepada orang lain, jangan aku sendiri ditolak."
Itulah yg kemudian membuat Paulus bisa dikelilingi oleh orang-orang yg berbeda dari mereka yg ada disekitar Paulus sebelumnya... Sebelum Paulus bertobat, namanya disebut Saulus, dan dia bersahabat dgn para ahli-ahli Taurat dan orang-orang Farisi, orang-orang agamawi yg angkuh dan merasa benar sendiri... Namun setelah dia bertemu Kristus, dia bersahabat dan menjadi menarik bagi orang-orang yg berdosa dan mencari Tuhan, entah kenapa pribadi Paulus menjadi menarik perhatian mereka yg mencari Tuhan sekalipun mereka juga orang-orang berdosa... Persis spt Yesus yg BIASA dan SELALU dikelilingi oleh orang-orang berdosa yg perlu Tuhan... Jawabannya adalah karena Paulus melatih dirinya sendiri terlebih dahulu, barulah Tuhan menambah nambahkan orang-orang yg mencari wajah Tuhan kedlm persahabatan Paulus.

Latihlah dirimu sendiri, supaya engkau menarik bagi orang-orang yg mencari Tuhan... bukan sebaliknya.

Jesus loves you and so do I

dibuat pada : 2018-11-07 06:52:22

Senin,05 November 2018

Shalom selamat pagi, perhatikan ayat ayat ini : 
1 Raja-raja 19:15-18 
"...Firman TUHAN kepadanya: "Pergilah, kembalilah ke jalanmu, melalui padang gurun ke Damsyik, dan setelah engkau sampai, engkau harus mengurapi Hazael menjadi raja atas Aram.
Juga Yehu, cucu Nimsi, haruslah kauurapi menjadi raja atas Israel, dan Elisa bin Safat, dari Abel-Mehola, harus kauurapi menjadi nabi menggantikan engkau. 
Maka siapa yang terluput dari pedang Hazael akan dibunuh oleh Yehu; dan siapa yang terluput dari pedang Yehu akan dibunuh oleh Elisa.
Tetapi Aku akan meninggalkan tujuh ribu orang di Israel, yakni semua orang yang tidak sujud menyembah Baal dan yang mulutnya tidak mencium dia." 

Pagi ini kita akan belajar akan betapa penting ‎menyusun sebuah prioritas dan mengerjakan prioritas di hidup kita secara teratur dan konsisten. Ada begitu banyak perkara yg harus atau ingin kita kerjakan dan selesaikan,.. Dari waktu ke waktu, kita spt dikejar kejar dgn serentetan tuntutan yg harus dan baik utk kita kerjakan, namun apakah semua itu memang sungguh-sungguh harus kita kerjakan semua?... bagaimana dgn waktu waktu kita yg sangat terbatas, akankah kita mampu menyelesaikan semua target dan tuntutan yg ada di masa hidup kita yg sangat terbatas ini? 

S‎esungguhnya, tdk seorangpun yg akan pernah mampu utk menyelesaikan semua perkara yg ingin dan harus dia kerjakan di hidupnya secara tuntas, sekalipun hal itu semua baik dan sepantasnya dia kerjakan...

Coba perhatikan perintah TUHAN kpd Elia di 1 Raja-raja 19:15-18 diatas, Tuhan menetapkan dan memerintahkan Elia utk mengerjakan 3 perkara, yaitu:
1. ‎Urapi Hazael menjadi raja atas Aram.
2. Urapi Yehu, cucu Nimsi menjadi raja atas Israel
3. dan urapi Elisa bin Safat, dari Abel-Mehola menjadi nabi menggantikan dirinya sendiri...

Tahukah saudara, yg mana yg dikerjakan oleh Elia terlebih dahulu? Ayat berikutnya, yaitu ayat 19 di 1 Raja-raja 19:19 berkata demikian: "... Setelah Elia pergi dari sana, ia bertemu dengan Elisa bin Safat yang sedang membajak dengan dua belas pasang lembu, sedang ia sendiri mengemudikan yang kedua belas. Ketika Elia lalu dari dekatnya, ia melemparkan jubahnya kepadanya..."
Elia langsung mencari kesempatan utk mengurapi Elisa sbg penggantinya dgn melemparkan jubah-nya sbg lambang pengurapan yg Elia lakukan terhadap Elisa, namun demikian, tahukah saudara, baru kurang lebih 10 tahun kemudian, Elisa baru menerima jubah Elia ketika Elia diangkat naik oleh kereta kuda berapi yg Tuhan kirimkan‎ utk menjemput Elia, disitulah Elia meninggalkan jubahnya utk Elisa. Selama 10 tahun itu, Elia menggembalakan, membapai dan mendidik Elisa nabi muda yg akan menggantikan dirinya, itulah kesibukan Elia selama itu sebelum dia diangkat naik dgn kereta kuda berapi oleh Tuhan. Itulah prioritas yg Elia kerjakan,... bahkan,... Elia sama sekali tdk sempat mengurapi Hazael dan Yehu spt yg Tuhan perintahkan, Elisa lah kemudian yg mengurapi Yehu cucu Nimsi menjadi raja atas Israel, dan juga Hazael...

Coba renungkan sebentar kebenaran ini, ‎3 perintah sebelum diangkat ke Surga yg Tuhan berikan kpd Elia, namun Elia hanya kerjakan 1 saja, dan yg 2 lainnya tergenapi sebab yg 1 tadi, yaitu mengurapi, mendidik, dan membapai Elisa sbg penggantinya telah dia lakukan, sehingga Elisa penggantinyalah yg menyelesaikan 2 perintah lainnya...

Inilah kebenaran yg mutlak perlu kita mengerti, ‎ada pekerjaan atau tanggung jawab yg mulia sekalipun, visi yg Tuhan berikan sekalipun yg tdk akan mampu saudara kerjakan selama masa hidupmu sendiri, itulah yg disebut visi yg lebih besar dari dirimu sendiri... visi itu atau tanggung jawab pekerjaan itu bukan tdk penting, tapi bisa diselesaikan oleh penerusmu, yaitu anak-anak mu, para penggantimu satu kali nanti...
Abraham‎ menerima janji utk memiliki anak-anak sebanyak bintang di langit dan pasir di laut, lama setelah Abraham mati, barulah janji itu tergenapi,... Daud menerima janji utk memiliki keturunan raja raja yg akan kekal, tapi lama setelah masa hidupnya, barulah Yesus Kristus lahir dari keturunan Daud...Inilah pentingnya memahami prioritas di hidup ini, ada hal hal yg bisa saudara tunggu bahkan delegasikan kpd orang lain, tapi juga ada hal hal yg harus saudara sendiri yg kerjakan. Menjadi suami bagi istrimu, itu harus saudara dan hanya saudara sendirilah yg bisa kerjakan... menjadi bapa bagi anak-anak mu itu hanya engkau sendiri yg dpt kerjakan,... bertanggung jawab utk bertumbuh secara rohani, itu hanya engkau sendiri yg harus kerjakan, namun seringkali justru yg spt ini kita tunda dan kita abaikan, seakan akan tdk terlalu penting utk dilakukan, atau bisa kapan kapan saja,... Justru yg seharusnya bisa kapan kapan, kita habis habisan kerjakan...

Pagi ini, sudahkah engkau mengatur waktu waktu hidupmu secara benar sesuai dgn prioritas yg Tuhan mau?

Hidup ini singkat, jgn buang buang waktu...

Jesus loves you and so do I

dibuat pada : 2018-11-05 22:47:58

Jumat,02 November 2018

Shalom selamat pagi, perhatikan ayat ayat ini : 
1 Raja-raja 18:1-4
 "Dan sesudah beberapa lama, datanglah firman TUHAN kepada Elia dalam tahun yang ketiga: "Pergilah, perlihatkanlah dirimu kepada Ahab, sebab Aku hendak memberi hujan ke atas muka bumi."
Lalu pergilah Elia memperlihatkan diri kepada Ahab. Adapun kelaparan itu berat di Samaria. 
Sebab itu Ahab telah memanggil Obaja yang menjadi kepala istana. Obaja itu seorang yang sungguh-sungguh takut akan TUHAN. 
Karena pada waktu Izebel melenyapkan nabi-nabi TUHAN, Obaja mengambil seratus orang nabi, lalu menyembunyikan mereka lima puluh lima puluh sekelompok dalam gua dan mengurus makanan dan minuman mereka..."

Elia telah beberapa tahun meninggalkan wilayah kerajaan Israel dan mengasingkan diri, sebab raja Israel Ahab dan istrinya Izabel bersumpah hendak membunuh Elia dan semua nabi nabi Tuhan yg masih ada sbg balasan terhadap kematian 450 nabi nabi Baal yg disembelih oleh Elia...
‎sebelum Elia pergi mengasingkan diri, Elia sudah mengeluarkan nubuatan utk menghentikan hujan sama sekali, sampai dia katakan nanti utk menurunkan hujan kembali.

Ditengah tengah kekeringan yg sangat pekat dan berat, tampilah seorang anak Tuhan yg takut akan Tuhan yg bernama Obaja. Alkitab di ayat ayat diatas bahkan menyatakan bahwa Obaja adalah orang yg sungguh-sungguh takut akan Tuhan, coba perhatikan: 1 Raja-raja 18:3 "Sebab itu Ahab telah memanggil Obaja yang menjadi kepala istana. Obaja itu seorang yang sungguh-sungguh takut akan TUHAN..."
---> Itulah tulisan Alkitab yg melukiskan siapakah pribadi dan kharakter Obaja sesungguhnya.‎ Betapa terhormatnya manusia jika sampai TUHAN pencipta langit dan bumi berkata tentang dia, tentang orang tsb satu lukisan gambar diri yg berkata: "dia adalah orang yang sungguh-sungguh takut akan TUHAN..." Apakah yg mungkin lebih mulia dari itu? Mungkin itulah tulisan yg dipahat manusia dibatu nisan Obaja: "Disini dibaringkan seorang manusia yg sungguh-sungguh takut akan TUHAN..." 

Betapa mulia dan terhormatnya manusia bila saja julukan spt itu diberikan orang apalagi Tuhan sendiri tentang kita... Tahukah saudara bukti atau tindakan nyata dari orang yg sungguh-sungguh takut akan TUHAN? 

Ditengah tengah ancaman dan tekanan yg jelas jelas ada dan sangat berbahaya, ‎Obaja tahu persis bahwa Izabel dan Ahab yg adalah raja dan juga atasannya, sangat benci terhadap Elia dan semua nabi-nabi Tuhan, tapi Obaja masih saja melakukan perkara yg satu ini, menyelamatkan, melindungi bahkan memelihara 100 nabi-nabi Tuhan yg dia sembunyikan didlm goa, diberi makan tiap-tiap hari supaya mereka tdk dibunuh mati oleh Izabel... Perkara itulah satu satunya lukisan Alkitab dari apa yg Obaja telah kerjakan, dan itu disebut sbg 'sungguh-sungguh takut akan TUHAN...'

Jadi sesungguhnya, takut akan Tuhan bukan berarti takut utk mengambil satu keputusan atau main aman, takut akan Tuhan itu justru berani melangkah utk melakukan apa yg Tuhan Firman kan, sekalipun hal itu mengandung resiko besar...‎ inilah yg Petrus kotbahkan di Kisah Para Rasul 5:29 : "Kita harus lebih taat kepada Allah dari pada kepada manusia."‎ ---> Itulah takut akan Allah...

Hari-hari ini, anak-anak Tuhan perlu sungguh-sungguh belajar melangkah dan melakukan Firman Tuhan lebih serius dan lebih konsisten lagi‎ sebagai tindakan takut akan TUHAN. Resiko pasti ada, baik resiko kerugian, resiko kehilangan, resiko diasingkan dan ditinggalkan, tapi semua itu akan membawa kita kpd Tuhan lebih dekat lagi. Biarlah tulisan tentang diri kita di kitab kehidupan nanti tertulis oleh Tuhan sendiri tentang kita, "Si A (nama saudara sendiri) ini adalah orang yang sungguh-sungguh takut akan TUHAN..." 

Smile, it's Friday, Jesus loves you and so do I 

dibuat pada : 2018-11-02 09:49:15

Kamis,01 November 2018

Shalom selamat pagi, perhatikan ayat ayat ini : 
1 Raja-raja 17:1-4, 7-9 
"...Lalu berkatalah Elia, orang Tisbe, dari Tisbe-Gilead, kepada Ahab: "Demi Tuhan yang hidup, Allah Israel, yang kulayani, sesungguhnya tidak akan ada embun atau hujan pada tahun-tahun ini, kecuali kalau kukatakan."
Kemudian datanglah firman TUHAN kepadanya: 
"Pergilah dari sini, berjalanlah ke timur dan bersembunyilah di tepi sungai Kerit di sebelah timur sungai Yordan.
Engkau dapat minum dari sungai itu, dan burung-burung gagak telah Kuperintahkan untuk memberi makan engkau di sana."
Tetapi sesudah beberapa waktu, sungai itu menjadi kering, sebab hujan tiada turun di negeri itu. 
Maka datanglah firman TUHAN kepada Elia: 
"Bersiaplah, pergi ke Sarfat yang termasuk wilayah Sidon, dan diamlah di sana. Ketahuilah, Aku telah memerintahkan seorang janda untuk memberi engkau makan." 

Apa yg terjadi dgn Elia yg dikisahkan di 1 Raja-raja 17 diatas adalah perjalanan hidup yg sama spt yg terjadi juga di hidup semua anak-anak Tuhan. 

Coba perhatikan dan renungkan kebenaran ini, methoda, konsep, atau liturgie sama sekali tdk dapat digunakan utk membatasi cara Tuhan bekerja. Apabila anak-anak Tuhan mulai belajar meniru methoda methoda atau cara cara sekalipun yg dilakukan oleh orang lain, belum tentu Tuhan berkarya disitu, sekalipun dgn cara yg sama spt yg orang lain kerjakan. Coba saja saudara meludah ketanah dan olesi tanah yg tercampur air ludahmu utk mencelikan orang buta, apakah orang buta tsb akan celik matanya? Atau saat harus bayar pajak, engkau mancing, lalu apakah engkau akan menemukan uang dimulut ikan yg engkau pancing? Semua itu hanya cara cara yg Tuhan pakai utk mendatangkan rencana Tuhan, tapi itu bukan TUHAN, sebab TUHAN tetap TUHAN... Manusia akan keliru dan melenceng dari tujuan Tuhan apabila kita mengkultuskan hal hal spt itu yg sama sekali bukan TUHAN namun justru mengganti posisi Tuhan dgn perkara-perkara agamawi spt itu...

Banyak anak-anak Tuhan kehilangan essensi Tuhan yg sesungguhnya dan mengambil perkara perkara agamawi yg keliru... Contohnya, seandainya kita membaca ayat ini:
1 Samuel 16:23(b) ".... maka Daud mengambil kecapi dan memainkannya; Saul merasa lega dan nyaman, dan roh yang jahat itu undur dari padanya."
Orang Kristen agamawi akan berfikir dan perkara:
- "mengusir setan harus dgn pujian dan penyembahan..." atau
- "menyembah Tuhan yg benar harus diiringi kecapi..." atau
- "luar biasa apa yg terjadi dgn Daud, apa ya merk kecapinya?..." 

Itulah kebodohan kebodohan agamawi yg membuat ‎orang percaya kehilangan essensi dari pribadi Tuhan dan tujuan Tuhan. Elia belajar kebenaran ini, ketika kekeringan terjadi, Tuhan menyuruh Elia berkemah ditepi sungai Kerit, disana Elia dpt minum air dari sungai tsb dan burung-burung gagak diperintahkan TUHAN utk memelihara Elia...
---> kenapa burung gagak, kenapa bukan merpati simbol Roh Kudus? Kenapa sungai Kerit akhirnya kering juga, bukankah TUHAN yg memerintahkan Elia kesana? Salah dengarkah Elia? Atau salah prediksikah Tuhan?...

Tapi kemudian ada rencana lain lagi, sekarang janda Sarfat yg Tuhan perintahkan utk memelihara Elia, sebab Tuhan juga hendak berurusan dgn janda Sarfat tsb...

Itulah bukti bahwa cara Tuhan belum tentu sesuai dgn cara kita, waktu Tuhan bukan waktu manusia, belajarlah utk ikut dan dengar dengaran dgn cara dan polanya Tuhan... mulailah belajar utk taat dan siap dibentuk, biarkan tanga Tuhan melakukan apapun yg Dia mau kerjakan, jgn keluar dari rencana Agung Tuhan didlm hidupmu ...

Jesus loves you and so do I

dibuat pada : 2018-11-02 09:46:07

Rabu,31 Oktober 2018

Shalom Selamat Pagi, Perhatikan Ayat Ayat Ini : 
1 Raja-raja 14:1-6 
"Pada Waktu Itu Abia, Anak Yerobeam, Jatuh Sakit. 
Lalu Yerobeam Berkata Kepada Isterinya: "Berkemaslah! Menyamarlah, Supaya Jangan Diketahui Orang, Bahwa Engkau Isteri Yerobeam, Dan Pergilah Ke Silo. Bukankah Di Sana Tinggal Nabi Ahia! Dialah Yang Telah Mengatakan Tentang Aku, Bahwa Aku Akan Menjadi Raja Atas Bangsa Ini. 
Bawalah Sepuluh Roti, Kue Kismis, Dan Sebuli-buli Air Madu, Dan Pergilah Kepadanya. Dia Akan Memberitahukan Kepadamu, Apa Yang Akan Terjadi Dengan Anak Ini."
Isteri Yerobeam Berbuat Demikian. Ia Berkemas, Pergi Ke Silo Dan Masuk Ke Rumah Ahia. Ahia Tidak Dapat Melihat Lagi, Sebab Matanya Sudah Kabur Karena Ia Sudah Tua.
Tetapi TUHAN Telah Berfirman Kepada Ahia: "Bahwasanya Isteri Yerobeam Datang Untuk Menanyakan Kepadamu Perihal Anaknya, Sebab Anak Itu Sedang Sakit. Begini-begini Harus Kaukatakan Kepadanya." Ketika Perempuan Itu Masuk, Berbuatlah Ia Seolah-olah Ia Orang Lain. 
Tetapi Segera Sesudah Ahia Mendengar Bunyi Langkah Perempuan Itu, Sementara Melangkah Masuk Pintu, Berkatalah Ia: "Masuklah, Hai Isteri Yerobeam! Mengapakah Engkau Berbuat Seolah-olah Engkau Orang Lain? Aku Disuruh Menyampaikan Pesan Yang Keras Kepadamu..."

Benarlah Perkataan Firman Tuhan Yg Yesus Katakan Ini:
‎Matius 26:41 "...Berjaga-jagalah Dan Berdoalah, Supaya Kamu Jangan Jatuh Ke Dalam Pencobaan: Roh Memang Penurut, Tetapi Daging Lemah."
Apa Sebenarnya Yg Dimaksud Dgn "roh Memang Penurut, Tetapi Daging Lemah"? Coba Simak Baik Baik Kisah Jatuh Sakitnya Abia Anak Yerobeam Diatas:

Yerobeam Naik Menguasai 10 Suku Dari Bangsa Israel, Menjadi Bahkan Lebih Kuat Dari Cucu Daud Sekalipun, Yaitu Rehabeam Yg Hanya Berkuasa Atas 2 Suku Israel, Yaitu Yehuda Dan Benjamin... Tuhan Mengangkat Yerobeam Begitu Tinggi Dan Berkuasa, Namun Kemudian Dia Berubah Setia, Yerobeam Bahkan Menyiapkan Mezbah Mezbah Utk Korban Bakaran Bagi Berhala Berhala... Begitu Jahat Kenajisan Rohani Yg Dilakukan Oleh  Yerobeam, Dan Ternyata, Dia Sendiri Sadar Bahwa Apa Yg Dia Lakukan Dan Kerjakan Adalah Salah Dan Sangat Menyakiti Hati Tuhan. ‎Itu Sebabnya Yerobeam Mengirim Istrinya Utk Menyamar Dan Dtg Kpd Nabi Ahia Yg Sudah Menjadi Buta Mata Jasmaninya, Namun Hatinya Tetap Melekat Kpd Tuhan Sehingga Tuhan Memberitahukan Ahia Segala Sesuatunya.

Hal Yg Menarik Utk Kita Perhatikan Disini Adalah, Sekalipun Jahat Dan Kenajisan Belaka Yg Dikerjakan Oleh Yerobeam, Tapi Kenapa Dia Sadar Dan Mencari Nabi Ahia Ketika Saat Saat Dia Ada Dlm Kesulitan? Yerobeam Sadar Bahwa Nabi Ahia Adalah Seorang Nabi Yg Diurapi Tuhan ‎dan Dia Sendiri Telah Melakukan Kejahatan Yg Menyakiti Hati Tuhan, Tapi Kenapa Masih Mau Mencari TUHAN Lewat Nabinya Ahia?

Hal Pertama Yg Perlu Kita Ingat Benar, Terutama Bagi Kita Hamba-hamba Tuhan Dan Para Orang Tua. Ada Kalanya Anak Anak Kita Atau Anak-anak Rohani Kita Itu Berjalan Ke Arah Yg Tdk Benar, Tersesat Oleh Pergaulan Atau Perbuatan Yg Tdk Menyukakan Hati Tuhan. Namun Selama Engkau Dan Saya Tetap Teguh Berdiri Diatas Kebenaran Firman Tuhan, Spt Sebuah Mercusuar, Satu Kali Nanti Ketika Kapal Kapal Itu Lelah Berlayar Kesini Dan Kesana, Mereka Akan Kembali Mencari Mercusuar Yg Menyala Terang Itu, Sebab Roh Allah Didlm Mereka Akan Mendorong Mereka Utk Kembali Kpd Tuhan, Dan Figure Tuhan Yg Mereka Kenal Selama Ini Adalah Saudara, Apabila Engkau Benar-benar Berdiri Teguh Dan Tetap Berpegang Kpd Firman Tuhan. Terlalu Banyak Saya Temukan Orang-orang Yg Kecewa Didlm Gereja, Kecewa Karena Ditegur, Atau Karena Tdk Mau Diarahkan,... Mereka Melanglang Buana Dan Berputar Putar, Namun Satu Ketika, Saat Mereka Lelah Dan Perlu Jawaban Tuhan, Saya Menemukan Mereka Kembali Mencari Figure Tuhan Didlm Diri Manusia Yg Bisa Mereka Percayai... Sama Spt Yerobeam Kembali Kpd Nabi Ahia...

Hal Kedua Dari Sisi Yerobeam, Perhatikan Kebenaran Ini:
Benarlah Perkataan Firman Tuhan Yg Yesus Katakan Ini:
‎Matius 26:41 "... Roh Memang Penurut, Tetapi Daging Lemah."‎ Apa Itu Daging Dlm Firman Tuhan Ini? Itulah Keinginan Keinginan Kedagingan Yg Ada Pada Kita.Keinginan daging itu ada pada jiwa manusia, sebab di jiwa ada pikiran, perasaan, dan kehendak atau emosi. Keinginan-keinginan kedagingan itulah yg lemah, dan seringkali menarik atau mendorong kita utk jatuh..., tapi roh itu penurut... Itulah yg terjadi dgn Yerobeam, rohnya sadar sebab didorong oleh Roh Tuhan utk pergi mencari hamba-Nya, namun kedagingannya yg lemah, membuat dia memanipulasi keadaan dirinya, dgn menyamar dan berpura pura... itulah yg kita kenal sehari-hari dgn kata BERDUSTA atau BERBOHONG!!! Roh Tuhan didlm diri manusia tsb memang mendorongnya dtg ke rumah TUHAN, tapi dia menyamar dan berpura pura baik, bersandiwara seakan akan semua aman... Itulah yg dilakukan Yerobeam, dan akibatnya dia dan keluarganya hancur sia sia...


What a waste!!! Orang yg sangat dikasihi dan dipakai Tuhan sedemikian rupa, yg sudah ditolong Tuhan, diangkat begitu tinggi, harus hancur sia sia... Pada penghujung kehancurannya, Roh TUHAN masih mendorong roh nya utk dtg dan bertobat, namun keangkuhan dan kedegilan hatinya mengarahkan dia utk berpura pura dan bersandiwara... Bukankah yg spt itu banyak dan berkeliaran didlm gereja Tuhan hari-hari ini?... Banyak kepura puraan yg kita pelihara supaya terlihat baik dan rohani, tapi dilm rumah tangga dan praktek businessnya begitu busuk dan jahat, Roh TUHAN sebenarnya sudah terus menerus mendorong kita utk hidup benar dan apa adanya, polos dan jujur terbuka, namun gengsi dan harga diri memaksa kita utk pakai topeng dan berpura pura baik, dan sayangnya, kita memilih utk memakai topeng!


Seandainya saja saat itu Yerobeam dan istrinya sadar dan langsung membuka topeng dan bertobat, saya percaya pemulihan dan pengampunan masih berlaku bagi mereka...


Saudaraku yg terkasih, berhenti berpura pura, berhenti bersandiwara, saudara tdk akan masuk Surga karena terlihat dan dikenal baik oleh saya atau oleh gereja, tapi jika engkau hidup benar, Raja Surga itulah yg menjamin kehidupan kekal dan ‎pemulihan bagi hidupmu...


Jesus loves you and so do I

dibuat pada : 2018-10-31 23:06:49

Selasa,30 Oktober 2018

Morning dew 

Shalom selamat pagi, perhatikan ayat ayat ini : 
1 Raja-raja 13:1-5 
"...Sedang Yerobeam berdiri di atas mezbah itu sambil membakar korban, maka atas perintah TUHAN datanglah seorang abdi Allah dari Yehuda ke Betel. 
Lalu atas perintah TUHAN berserulah orang itu terhadap mezbah itu, katanya: "Hai mezbah, hai mezbah! Beginilah firman TUHAN: Bahwasanya seorang anak akan lahir pada keluarga Daud, Yosia namanya; ia akan menyembelih di atasmu imam-imam bukit pengorbanan yang membakar korban di atasmu, juga tulang-tulang manusia akan dibakar di atasmu."  
Pada waktu itu juga ia memberitahukan suatu tanda ajaib, katanya: "Inilah tanda ajaib, bahwa TUHAN telah berfirman: Bahwasanya mezbah itu akan pecah, sehingga tercurah abu yang di atasnya." 
Demi raja Yerobeam mendengar perkataan abdi Allah yang diserukannya terhadap mezbah di Betel itu, ia mengulurkan tangannya dari atas mezbah dan berkata: "Tangkaplah dia!" Tetapi tangan yang diulurkannya terhadap orang itu menjadi kejang, sehingga tidak dapat ditariknya kembali. 
Mezbah itu pun pecahlah, sehingga abu yang di atasnya tercurah, sesuai dengan tanda ajaib yang diberitahukan abdi Allah itu atas perintah TUHAN."

Saya menganjurkan saudara juga membaca juga 2 Raja-raja 22 keseluruhan pasal, sehingga saudara dpt lebih memahami apa yg sebenarnya terjadi.

Coba perhatikan kembali ayat ‎2 di atas, dari 1 Raja-raja 13:2 "...Lalu atas perintah TUHAN berserulah orang itu terhadap mezbah itu, katanya: "Hai mezbah, hai mezbah! Beginilah firman TUHAN: Bahwasanya seorang anak akan lahir pada keluarga Daud, Yosia namanya; ia akan menyembelih di atasmu imam-imam bukit pengorbanan yang membakar korban di atasmu, juga tulang-tulang manusia akan dibakar di atasmu."  

Yosia raja Yehuda itu hidup minimal 10 keturunan raja-raja dibawah jaman Yerobeam, bayangkan, minimal 10 keturunan sebelum Yosia lahir, Tuhan sudah bernubuat, bahwa satu kali akan tampil seorang keturunan Daud yg akan diberi nama Yosia, dan akan melakukan ini dan itu...

Lalu benarkah hal itu terjadi, BENAR!!!, tapi yg terpenting, bagaimana hal itu tergenapi? Itulah yg dilukiskan di 2 Raja-raja 22. Secara singkat, saya ‎rindu saudara memperhatikan kebenaran ini, seorang hamba Tuhan yg sangat saya hormati, beberapa puluh tahun lalu pernah berkata demikian:
"Tahukah kamu apa itu hell atau neraka? Neraka bukan sekedar api yg menyala nyala, tapi neraka adalah apabila satu ketika nanti, Tuhan menunjukan kpd kita apa apa yg seharusnya kita bisa raih dan genapi, bila saja kita mau hidup sesuai dgn Rencana Agung Tuhan,... itulah hell atau neraka!!! Neraka atau hell adalah when you missed the target He has planned for you!!!"

Pertanyaannya sekarang, bagaimana seorang yg baru akan lahir minimal 10 generasi kemudian, bisa benar-benar menggenapi kehendak Tuhan spt Daud? Adakah sesuatu yg daripada-nya, kita gereja Tuhan dpt belajar?

Inilah yg terjadi dgn Yosia:
Hati Yosia sungguh-sungguh cinta akan TUHAN, dan karena cintanya akan TUHAN, dia juga mencintai menusia lain spt dirinya sendiri...‎ Dlm hidupnya, Yosia selalu dikelilingi oleh orang-orang yg takut akan Tuhan, tapi kenapa orang-orang spt itu bisa tertarik dgn Yosia muda yg tdk berpengalaman apa apa? Coba tilik kedlm hati Yosia,

Pada saat Yosia masih berumur 26 tahun sbg raja Yehuda, Yosia menyuruh panitera raja membagi bagikan upah para pekerja di rumah TUHAN seluruhnya dgn tanpa hitung hitungan, sebab Yosia percaya bahwa mereka itu orang-orang jujur... ---> Pelajaran pertama, engkau akan melihat orang lain sama spt engkau melihat hatimu sendiri. Jika hatimu ruwet dan belat belit, engkau akan berlaku belat belit kpd orang lain. 

Karena masuk ke dlm rumah TUHAN utk tujuan kemanusiaan, mereka kemudian menemukan kitab kitab nubuatan yg isinya murka Allah yg menyala-nyala...  ---> Pelajaran kedua, tdk ada yg kebetulan, ‎semua ada dlm rencana Tuhan, jika hatimu benar dan tujuan motivasimu mulia, engkau akan diijinkan Tuhan utk bertemu dgn rencana Tuhan. Ingat, Matius 5:8 " Berbahagialah orang yang suci hatinya, karena mereka akan melihat Allah."Lalu gulungan kitab itu dibawa orang kpd Yosia, respond Yosia adalah mengoyakan jubahnya, menangis dan mencari wajah Tuhan, dgn kata lain, bertobat sungguh-sungguh bahkan utk dosa bangsanya... ---> Pelajaran ketiga, Banyak orang mendengar Firman Tuhan, namun hatinya bebal dan membatu, hanya‎ mereka yg lembut hati yg akan menerima perjumpaan Illahi, yaitu menggenapi Rencana Agung Tuhan. 


Itulah isi hati Yosia, tdk heran jika dia selalu dikelilingi oleh orang-orang yg takut akan Tuhan, dan itulah juga sebabnya dia bisa menemukan keutuhan seluruh rencana Tuhan didlm hidupnya 


Jesus loves you and so do I

dibuat pada : 2018-10-30 10:20:21

Senin,29 Oktober 2018

Shalom selamat pagi, perhatikan ayat ayat ini : 
1 Raja-raja 12:1, 3-11 
"...Kemudian Rehabeam pergi ke Sikhem, sebab seluruh Israel telah datang ke Sikhem untuk menobatkan dia menjadi raja.
Orang menyuruh memanggil dia, lalu datanglah Yerobeam dengan segenap jemaah Israel dan berkata kepada Rehabeam:
"Ayahmu telah memberatkan tanggungan kami, maka sekarang ringankanlah pekerjaan yang sukar yang dibebankan ayahmu dan tanggungan yang berat yang dipikulkannya kepada kami, supaya kami menjadi hambamu."
Tetapi ia menjawab mereka: "Pergilah sampai lusa, kemudian kembalilah kepadaku." Lalu pergilah rakyat itu.
Sesudah itu Rehabeam meminta nasihat dari para tua-tua yang selama hidup Salomo mendampingi Salomo, ayahnya, katanya: "Apakah nasihatmu untuk menjawab rakyat itu?"
Mereka berkata: "Jika hari ini engkau mau menjadi hamba rakyat, mau mengabdi kepada mereka dan menjawab mereka dengan kata-kata yang baik, maka mereka menjadi hamba-hambamu sepanjang waktu."
Tetapi ia mengabaikan nasihat yang diberikan para tua-tua itu, lalu ia meminta nasihat kepada orang-orang muda yang sebaya dengan dia dan yang mendampinginya,
katanya kepada mereka: "Apakah nasihatmu, supaya kita dapat menjawab rakyat yang mengatakan kepadaku: Ringankanlah tanggungan yang dipikulkan kepada kami oleh ayahmu?"
Lalu orang-orang muda yang sebaya dengan dia itu berkata: "Beginilah harus kaukatakan kepada rakyat yang telah berkata kepadamu: Ayahmu telah memberatkan tanggungan kami, tetapi engkau ini, berilah keringanan kepada kami — beginilah harus kaukatakan kepada mereka: Kelingkingku lebih besar dari pada pinggang ayahku!
Maka sekarang, ayahku telah membebankan kepada kamu tanggungan yang berat, tetapi aku akan menambah tanggungan kamu; ayahku telah menghajar kamu dengan cambuk, tetapi aku akan menghajar kamu dengan cambuk yang berduri besi."

Sungguh kisah kehidupan Rehabeam anak Salomo ini melukiskan gambaran yg sangat sempurna tentang dasar yg membentuk sebuah persahabatan atau pertemanan... Theory of magnetism itu sungguh benar dan berlaku dilukiskan secara sangat sempurna di kisah ini.

Kita tdk akan pernah mampu menarik pribadi pribadi yg berbeda dgn kharakter kita. Kalau toh itu terjadi, umumnya tdk akan lama sampai mereka mengenal siapa kita dan kemudian secara natural kita dan mereka akan saling menjauhi, sebab magnet hanya akan menarik benda benda yg sejenis... Orang-orang yg kharakter dasar-nya sama dgn kita sajalah yg akan tertarik utk menjadi lebih dekat dgn kita. 

Rehabeam diperhadapkan kpd 2 macam nasehat dari 2 kelompok orang-orang yg berbeda... Kelompok pertama adalah para ‎tua tua Yahudi yg dahulu menasehati Daud dan juga Salomo ayahnya, namun nasehat dari para tua-tua Yahudi tsb diabaikan oleh Rehabeam, coba perhatikan :
‎1 Raja-raja 12:8 "...Tetapi ia mengabaikan nasihat yang diberikan para tua-tua itu, lalu ia meminta nasihat kepada orang-orang muda yang sebaya dengan dia dan yang mendampinginya,..." Justru nasehat yg keliru dan yg akhirnya membuat negara itu terpecah dua adalah karena Rehabeam meminta dan menerima nasehat gila yg membuat dia sendiri hancur...

Apakah semua itu karena Rehabeam kurang berhikmat? ‎Bukan kurang hikmat, tapi karena kita manusia akan selalu mencari dan mendekati orang-orang yg sama spt kita... Demikian juga dgn orang-orang tsb, mereka yg tertarik utk bergaul dgn kita hanya-lah mereka yg sama spt kita... sebab burung yg bulunya sama akan terbang bersama-sama...

Oleh sebab itu, apabila kita sungguh-sungguh merindukan utk dikelilingi oleh orang-orang yg benar dan takut akan TUHAN, yg akan terus menerus mendorong dan menguatkan kita utk hidup benar dihadapan Tuhan, mulailah dgn diri kita sendiri. Kita sendiri harus menjadi orang yg spt itu, barulah sahabat sahabat yg demikian akan berdatangan dan selalu ada disekitar hidupmu.... sebab burung yg bulunya sama, akan terbang bersama-sama...

Jesus loves you and so do I 

dibuat pada : 2018-10-29 14:48:13

Jumat,26 Oktober 2018

Shalom selamat pagi, perhatikan ayat ayat ini : 
1 Raja-raja 11:5-6 
"...Demikianlah Salomo mengikuti Asytoret, dewi orang Sidon, dan mengikuti Milkom, dewa kejijikan sembahan orang Amon,
dan Salomo melakukan apa yang jahat di mata TUHAN, dan ia tidak dengan sepenuh hati mengikuti TUHAN, seperti Daud, ayahnya..."

‎Seorang yg sangat diurapi Tuhan, penuh hikmat marifat lebih dari semua orang yang pernah ada, namun bisa mengalami kehancuran sedemikian rupa,... bagaimana hal itu mungkin?... 

Lebih jauh lagi, dgn hikmat yg luar biasa tsb, bukankah seharusnya Salomo dpt membedakan dan memilih pergaulan yg benar? Kenapa hikmat yg begitu luar biasa membuat Salom memilih istri istri dan gundik gundik yg tdk kenal Tuhan apalagi takut akan TUHAN? Bukankah seharusnya dia bisa lebih berhikmat dlm menentukan pilihan yg benar?‎ Kenapa justru Salomo memilih perempuan-perempuan spt itu, yg justru pada masa tuanya Salomo, wanita wanita itulah yg menjadi jerat baginya?

Kitab 1 Raja-raja pasal 11 menjelaskan:
‎1 Raja-raja 11:3-6 "...Ia mempunyai tujuh ratus isteri dari kaum bangsawan dan tiga ratus gundik; isteri-isterinya itu menarik hatinya dari pada TUHAN. 
Sebab pada waktu Salomo sudah tua, isteri-isterinya itu mencondongkan hatinya kepada allah-allah lain, sehingga ia tidak dengan sepenuh hati berpaut kepada TUHAN, Allahnya, seperti Daud, ayahnya. 
Demikianlah Salomo mengikuti Asytoret, dewi orang Sidon, dan mengikuti Milkom, dewa kejijikan sembahan orang Amon,
dan Salomo melakukan apa yang jahat di mata TUHAN, dan ia tidak dengan sepenuh hati mengikuti TUHAN, seperti Daud, ayahnya."

Istri istri dan gundik gundiknya itulah penyebab yg menjadi jerat bagi Salomo, tapi sungguhkah demikian? Itulah pandangan yg tdk bertanggung jawab yg sering kita dengar,... Kita menyalahkan orang lain, istri kitalah, suami kitalah, teman teman lah, siapapun kecuali diri kita sendiri...

Coba perhatikan ayat 1 dari Kitab 1 Raja-raja 11 ini:
1 Raja-raja 11:1 "Adapun raja Salomo mencintai banyak perempuan asing. Di samping anak Firaun ia mencintai perempuan-perempuan Moab, Amon, Edom, Sidon dan Het,..."‎ Inilah kebenaran yg jarang kita perhatikan, Salomo mengambil perempuan perempuan spt itu sebab memang hati Salomo tertarik kpd perempuan perempuan spt itu... Coba simak kembali kalimat pertama ayat 1 diatas:  "ADAPUN SALOMO MENCINTAI BANYAK PEREMPUAN ASING!!! Itulah catatan Firman Tuhan tentang Salomo... Perempuan-perempuan asing itu tdk pernah menggoda Salomo spt istri Potifar menggoda Yusuf... Hati Salomo lah yg memang spt itu, dan perempuan-perempuan yg tdk kenal Tuhan itu juga tertarik kpd Salomo sebab hati Salomo sama spt hati mereka!

Inilah kebenaran yg perlu kita pegang sungguh-sungguh, kita hanya akan menarik orang-orang yg spt kita, bukan orang-orang yg kita mau tarik... Jika saudara seorang pemimpin yg busuk, maka hanya orang-orang busuklah yg akan betah dan nyaman bersama sama dgn saudara... Jika saudara itu jujur dan benar, hanya orang-orang jujurlah yg akan tertarik bekerja bersama dgn dirimu... Bukankah demikian yg ada? Berapa banyak mentri pada jaman jaman lalu yg masuk penjara karena korupsi, dibandingkan dgn mentri pada jaman Jokowi? Apa yg salah? Apakah hukumnya berbeda? Bukan, tapi karena pemimpinnya berbeda... ada pribahasa yg berkata: " burung yg bulunya sama, terbang bersama sama..." Demikian juga benar dlm pergaulan, umumnya orang-orang penggosip itu suka kumpul dgn para penggosip... Orang-orang yg sakit hati disatu perusahaan itu sering makan siang bersama sama dgn orang yg juga sakit hati... Orang-orang yg kecewa didlm satu gereja, itu cocok dgn orang-orang yg juga kecewa, ini hukum alam, sebab saudara hanya akan menarik orang-orang yg sama dgn dirimu!

Jadi, apabila kita hendak menemukan dan bergaul dgn orang-orang benar‎, maka kita harus berani berubah terlebih dahulu, barulah hidup kita akan menarik bagi orang-orang yg spt itu.

Smile, it's Friday, Jesus loves you and so do I 

dibuat pada : 2018-10-29 14:47:26