Morning Dew

Selasa, 31 Januari 2017

Pengkhotbah 12:13-14
"...Akhir kata dari segala yang didengar ialah: takutlah akan Allah dan berpeganglah pada perintah-perintah-Nya, karena ini adalah kewajiban setiap orang.
Karena Allah akan membawa setiap perbuatan ke pengadilan yang berlaku atas segala sesuatu yang tersembunyi, entah itu baik, entah itu jahat."

---> Dari seluruh hikmat dan pengalaman seorang yg paling berhikmat, Salomo menyimpulkan 'tugas dan tanggung jawab utama' seorang manusia adalah utk hidup 'takut akan Tuhan ', bahkan jika saudara memperhatikan dari terjemahan lain, saudara akan melihat:

King James mengatakan: "Let us hear the conclusion of the whole matter: Fear God, and keep his commandments: for this is the whole duty of man... - Perhatikanlah kesimpulan dari segala sesuatu, takut-lah akan Tuhan, sebab inilah SELURUH kewajiban seorang manusia..." bahkan Amplified Bible menyatakan : 'sebab inilah keutuhan dari seorang manusia...'

KJV : Seluruh kewajiban seorang manusia adalah hidup takut akan Tuhan, Amplified Bible: menjadi seorang utuh, yg menggenapi tujuan penciptaan adalah hidup takut akan Tuhan... Itulah ‎kesimpulan dari semua hikmat Illahi!

Dgn demikian, jika seseorang ‎telah berhasil mencapai banyak kesuksesan didlm perjalanan hidupnya, banyak berbuat baik bagi orang lain, namun tdk hidup dgn takut akan Tuhan, sesungguhnya dia telah gagal menggenapi tujuan hidupnya dan telah lalai mengerjakan tugas utama-nya... Renungkan hal ini sebentar... kita bekerja, melayani, memberi dgn kesungguhan hati, namun tanpa takut akan Tuhan, sesungguhnya kita telah gagal mengerjakan tugas tugas kita! Apa sebenarnya hidup 'takut akan Tuhan '?

‎Setelah Musa memimpin Israel keluar dari Mesir, Tuhan menyatakan Diri-Nya kpd umat-Nya, namun karena begitu dasyat-nya Tuhan itu, Israel menjadi takut dan berlari menjauhi hadirat Tuhan. Lalu TUHAN melalui Musa berkata kpd bangsa itu demikian:
Keluaran 20:20 "...Janganlah takut, sebab Allah telah datang dengan maksud untuk mencoba kamu dan dengan maksud supaya takut akan Dia ada padamu, agar kamu jangan berbuat dosa."
‎--> Disinilah letak keganjilan terjadi, perhatikan sekali lagi ayat di Keluaran 20:20 diatas, 'jangan takut!... Tuhan dtg dgn maksud agar Takut Akan Tuhan ada padamu...' disatu pihak Tuhan berkata 'Jangan takut' tapi dipihak lain Dia berkata 'supaya ada Takut akan Tuhan ', apa bedanya?

Ketakutan kpd Tuhan yg bersumber dari dosa atau 'scared of God',‎ itu bukan takut akan Tuhan. Scared of God atau Ketakutan kpd Tuhan membuat Israel berlari menjauhi Tuhan... (ingat ketika Adam dan Hawa jatuh dlm dosa, manusia takut dan bersembunyi menjauhi Tuhan), namun takut akan Tuhan, the fear of God, akan membuat manusia justru takut utk jauh dari Tuhan... itulah bedanya!

Tugas atau duty seorang manusia adalah 'takut akan Tuhan' yaitu selalu hidup mendekat dgn Tuhan, mencintai Dia dan melakukan Firman - Nya, itulah kesimpulan dari semua hikmat, itulah tujuan utama hidup ini!

Hiduplah takut akan Tuhan, selamat berjalan in the Journey to Perfection,
Jesus loves you and so do I

dibuat pada : 2017-01-30 18:37:35

Senin, 30 Januari 2017

Pengkhotbah 9:11-12
"...Lagi aku melihat di bawah matahari bahwa kemenangan perlombaan bukan untuk yang cepat, dan keunggulan perjuangan bukan untuk yang kuat, juga roti bukan untuk yang berhikmat, kekayaan bukan untuk yang cerdas, dan karunia bukan untuk yang cerdik cendekia, karena waktu dan nasib dialami mereka semua.
Karena manusia tidak mengetahui waktunya. Seperti ikan yang tertangkap dalam jala yang mencelakakan, dan seperti burung yang tertangkap dalam jerat, begitulah anak-anak manusia terjerat pada waktu yang malang, kalau hal itu menimpa mereka secara tiba-tiba."

---> Kita tdk pernah tahu apa yg akan terjadi hari ini atas hidup kita, bahkan beberapa menit kedepanpun tdk kita ketahui... tadi pagi ada seorang jemaat yg mengirimkan video clip berisi beberapa kejadian kejadian tragis yg sempat tertangkap oleh CCTV spt kecelakaan lalu lintas tiba tiba, ada orang orang yg sedang berjalan kaki disebelah gedung yg sedang di‎bangun, namun tiba tiba runtuh dan menimpa beberapa orang, dan sebagainya... kita tdk akan pernah tahu apa yg akan terjadi kedepan, itu satu misteri yg hanya Tuhan sendiri yg tahu... kitab Pengkhotbah diatas menjabarkan misteri tsb, bahkan jika kita perhatikan sungguh sungguh, ada juga misteri lain yg lebih janggal dan sulit utk diterima akal sehat, bagaimana tdk, sebab Pengkhotbah berkata:
‎"...kemenangan perlombaan bukan untuk yang cepat, dan keunggulan perjuangan bukan untuk yang kuat, juga roti bukan untuk yang berhikmat, kekayaan bukan untuk yang cerdas, dan karunia bukan untuk yang cerdik cendekia, karena waktu dan nasib dialami mereka semua.‎"
Bukankah hal ini berbeda dgn conventional wisdom atau pemahaman umum yg kita kenal selama ini? Ternyata hadiah dan keberhasilan tdk selalu menjadi milik orang orang yg cerdas, berhikmat, kuat, cekatan dll, karena semua mereka juga akan mengalami nasib yg juga sama, lalu buat apa menjadi cerdas dan berhikmat? Utk apa kita kuat dan cekatan dlm bekerja dan berusaha, kalau nasibnya sama saja? Apa sebenarnya yg seharusnya kita perjuangkan, jika kekuatan, kecerdasan dll tdk terlalu membedakan jalur hidup manusia?

‎Pengkhotbah tdk berhenti disitu... coba perhatikan beberapa ayat sebelumnya:
Pengkhotbah 9:7-10 "Mari, makanlah rotimu dengan sukaria, dan minumlah anggurmu dengan hati yang senang, karena Allah sudah lama berkenan akan perbuatanmu.
Biarlah selalu putih pakaianmu dan jangan tidak ada minyak di atas kepalamu.
Nikmatilah hidup dengan isteri yang kaukasihi seumur hidupmu yang sia-sia, yang dikaruniakan TUHAN kepadamu di bawah matahari, karena itulah bahagianmu dalam hidup dan dalam usaha yang engkau lakukan dengan jerih payah di bawah matahari.
Segala sesuatu yang dijumpai tanganmu untuk dikerjakan, kerjakanlah itu sekuat tenaga, karena tak ada pekerjaan, pertimbangan, pengetahuan dan hikmat dalam dunia orang mati, ke mana engkau akan pergi..."

‎Inilah beberapa nasehat penting Firman Tuhan buat semua kita pagi ini:
- Nikmati semua yg Tuhan berikan bagimu dgn hati yg penuh sukacita,... karena hati yg bersuka cita itu memberikan kekuatan dan pengharapan baru..."Mari, makanlah rotimu dengan sukaria, dan minumlah anggurmu dengan hati yang senang, karena Allah sudah lama berkenan akan perbuatanmu...."‎ (ayat 7)
‎- Jaga kekudusan hidup, jgn tukarkan kekudusan Tuhan dgn keuntungan yg akan sebentar hilang, atau kesenangan yg tdk kekal,... utk hal itu, kita memerlukan pengurapan Roh Kudus diatas hidup kita spt minyak dikepala kita... "Biarlah selalu putih pakaianmu dan jangan tidak ada minyak di atas kepalamu. " (ayat 8)
- Pastikan ada waktu waktu khusus dimana kita menikmati kebaikan Tuhan bersama keluarga kita yg sudah Tuhan percayakan kpd kita... ada pribahasa kuno yg berkata: 'an honorable man always come home every evening to his wife and children... - ‎seorang pria yg terhormat selalu pulang setiap senja kpd istri dan anak anaknya...' Para pria, kapan terakhir kali kita makan bersama istri dan anak anak?
"...Nikmatilah hidup dengan isteri yang kaukasihi seumur hidupmu yang sia-sia, yang dikaruniakan TUHAN kepadamu di bawah matahari, karena itulah bahagianmu dalam hidup dan dalam usaha yang engkau lakukan dengan jerih payah di bawah matahari.‎" (ayat 9)
- ‎Bekerjalah dgn rajin dan setia, sebab itulah kesaksian orang orang yg takut akan Tuhan. "....Segala sesuatu yang dijumpai tanganmu untuk dikerjakan, kerjakanlah itu sekuat tenaga, karena tak ada pekerjaan, pertimbangan, pengetahuan dan hikmat dalam dunia orang mati, ke mana engkau akan pergi..."‎ (ayat 10)

Itulah nasehat Firman Tuhan pagi yg indah ini, awal minggu ini utk menghindari kaki kita dari jerat yg tiba tiba,...berjalanlah bersama Tuhan-mu menuju kpd Journey to Perfection, dimana semakin hari kita akan semakin disempurnakan...

Jesus loves you and so do I

dibuat pada : 2017-01-29 20:37:01

Jumat, 27 Januari 2017

Pengkhotbah 7:27-29
"...Lihatlah, ini yang kudapati, kata Pengkhotbah: Sementara menyatukan yang satu dengan yang lain untuk mendapat kesimpulan,
yang masih kucari tetapi tidak kudapati, kudapati seorang laki-laki di antara seribu, tetapi tidak kudapati seorang perempuan di antara mereka.
Lihatlah, hanya ini yang kudapati: bahwa Allah telah menjadikan manusia yang jujur, tetapi mereka mencari banyak dalih."

---> Pagi ini TUHAN mau mengajar dan mengingatkan kita akan hidup yg tdk sia sia...

Kitab Pengkhotbah yg merupakan kumpulan kesaksian hikmat Salomo pada masa tuanya, ketika dia melihat kembali kpd masa masa hidupnya, dimana jika saudara perhatikan baik-baik, ada serentetan kesia siaan yg dilihat Salomo sbg seorang yg begitu berhikmat, begitu kaya raya, dan memiliki jabatan yg sangat tinggi, namun Salomo melihat ada serentetan kesia-siaan didlm hidup yg dia hadapi.

Kemudian ketika dia mencoba merenungkan dan menarik kesimpulan dari semua kesia siaan ini, Salomo menarik kesimpulan ini:
"...Sementara menyatukan yang satu dengan yang lain untuk mendapat kesimpulan,...
- ...kudapati seorang laki-laki di antara seribu, tetapi tidak kudapati seorang perempuan di antara mereka.
- ...Lihatlah, hanya ini yang kudapati: bahwa Allah telah menjadikan manusia yang jujur, tetapi mereka mencari banyak dalih."

Coba kita renungkan sebentar 2 kesimpulan ini yg sempat berhasil di tangkap oleh hikmat Salomo ‎:
1. Salomo menemukan bahwa pada dasarnya Tuhan menciptakan manusia utk berkata dan berlaku jujur‎... manusia yg diciptakan sesuai dgn kharakternya Tuhan adalah manusia yg mampu berkata dan berlaku jujur... namun manusia memilih utk membuat banyak dalih dan alasan alasan.
---> Inilah yg membuat kesia-siaan didlm hidup... ketika manusia berlaku dan berkata tdk jujur, mereka akan terperosok dan tenggelam jauh lebih dalam sama spt seorang yg tersebut ke dlm Lumpur hidup, semakin berontak, semakin tenggelam dan ditelan lumpur... Berlaku dan berkata jujur akan menghindari langkah hidupmu utk berjalan menuju kpd kesia siaan...

2. Salomo juga menemukan ‎kebenaran ini yg membuat saya merenungkan cukup lama: ' ...kudapati seorang laki-laki di antara seribu, tetapi tidak kudapati seorang perempuan di antara mereka.'
Siapakah seorang laki laki diantara seribu? Kenapa ditambahkan tdk ditemukan perempuan diantara mereka?

Ingat satu hal, Salomo mengumpulkan 1000 istri dan gundik utk menghibur dirinya sendiri, mengumbar kesenangan dan hidup didlm kenikmatan tanpa batas, bagi akal pikiran manusia, seharusnya hal itu membuat Salomo hidup senang dan bahagia, sebab selalu ditemani wanita wanita cantik yg menghibur dirinya,... namun akhir hidupnya, justru istri istri dan gundik gundik tsblah yg menyeret Salomo kedlm kejatuhan dan penyembahan berhala... itulah kesia siaan...tapi didlm hikmat Tuhan dan didlm roh-nya, Salomo menemukan 'satu laki laki diantara semua yg dianggapnya sbg kesenangan,...' Sebenarnya Salomo melihat sujud Tuhan yg berkali kali didlm Alkitab disebut sbg 'Son of God - Anak laki laki Bapa Surgawi, dan di Perjanjian Baru sering kali disebut Son of Man - Anak Laki laki Manusia'. Inilah yg tdk dimengerti oleh Sa‎lomo, namun Salomo melihat ini dilm kesimpulan jawaban agar hidup tdk mengalami kesia siaan. Justru Son of God, Anak Allah yg adalah Yesus Kristus sendiri itulah yg tdk akan membuat hidupmu dan hidupku sia sia!

Jadi 2 hal ini yg disimpulkan oleh Salomo dari semua kesia siaan hidup,
Pertama tama manusia sebenarnya sanggup utk hidup dan berkata jujur, sebab spt itulah sebenarnya manusia diciptakan. Tdk berlaku dan berkata jujur membuat manusia tenggelam kedalam kesia siaan...
Kedua, hidup yg tdk sia sia bukan didapatkan dari kesenangan tanpa batas, tapi dari berjalan dan melangkah spt yg Anak Allah sudah tunjukan...berjalan sesuai apa yg Dia sendiri kerjakan. Coba berdoa dan bertanya kpd Tuhan setiap kali engkau menghadapi keputusan yg harus engkau ambil demikian: 'pada posisi Tuhan, apa yg Kristus akan lakukan jika Kristus di posisi sbg saya?'
kemudian turuti atau kerjakan apa yg Dia kerjakan... itulah cara utk berlaku dan berkata jujur... simply be honest!

Greetings from Kupang,
Smile and keep on taking the Journey to Perfection
Jesus loves you and so do I ‎

dibuat pada : 2017-01-26 19:06:19

Kamis, 26 Januari 2017

Pengkhotbah 1:2-3, 9, 14
"....Kesia-siaan belaka, kata Pengkhotbah, kesia-siaan belaka, segala sesuatu adalah sia-sia.
Apakah gunanya manusia berusaha dengan jerih payah di bawah matahari?
Apa yang pernah ada akan ada lagi, dan apa yang pernah dibuat akan dibuat lagi; tak ada sesuatu yang baru di bawah matahari.
Aku telah melihat segala perbuatan yang dilakukan orang di bawah matahari, tetapi lihatlah, segala sesuatu adalah kesia-siaan dan usaha menjaring angin...."

Pengkhotbah memulai pengajaran-nya dgn satu lukisan dari kesia siaan... berulang ulang kali pengkhotbah menggambarkan satu gambaran yg sia sia... semua usaha manusia adalah sia sia, jerih payahnya sia sia, bahkan diayat ayat berikutnya Pengkhotbah mengatakan bahwa pengejaran akan pengetahuanpun adalah kesia siaan...

Jika segala sesuatu sia sia, lalu utk apa hidup itu sebenarnya? Apakah TUHAN menciptakan dan memberikan manusia masa hidup didunia yg 70 atau 80 tahun itu hanya sekedar utk menemukan kesia siaan belaka?‎ Apa yg membuat Pengkhotbah melihat segala sesuatunya adalah kesia siaan?

Perhatikan sekali lagi ayat ayat diatas tadi‎, ada satu kalimat yg berulang ulang dinyatakan oleh pengkhotbah, yaitu 'dibawah matahari...'


---> "...Apakah gunanya manusia berusaha dengan jerih payah di bawah matahari?.... ‎"
---> "...tak ada sesuatu yang baru di bawah matahari....‎"
---> "...Aku telah melihat segala perbuatan yang dilakukan orang di bawah matahari, tetapi lihatlah, segala sesuatu adalah kesia-siaan...."

Itulah yg membuat segala sesuatunya sia sia, sebab focusnya adalah utk segala sesuatu yg ada 'dibawah matahari!' Hidup yg hanya terfocus kpd perkara perkara yg ada di bawah matahari hanyalah menuju kpd kesia-siaan belaka... sebaliknya, jika focus hidup kita adalah kpd yg ada 'diatas matahari' pastilah kita akan menemukan tujuan hidup yg sesungguhnya.

Efesus 1:11-12 dlm The Message Bible mengatakan:
"...It’s in Christ that we find out who we are and what we are living for.... He had his eye on us, had designs on us for glorious living, part of the overall purpose He is working out in everything and everyone.‎..."
---> ‎Hanya didlm Kristus-lah kita menemukan 'siapa kita dan untuk apa kita hidup...' baru pada saat itulah, ketika kita bisa sungguh sungguh focus bukan sekedar kpd apa yg ada dibawah matahari, tapi kpd apa yg ada diatas sana, kpd Kristus sendiri, maka barulah kita akan menemukan ketidak sia siaan...

Adakah engkau sudah menemukan tujuan hidup yg tdk berakhir kpd kesia-siaan? Temukan dgn memastikan focus hidup yg tertuju kpd yg ada di atas matahari, kpd Tuhan yg menciptakan hidup kita dan memiliki rencana Agung atas hidup kita, kpd yg berkuasa atas matahari bulan dan seluruh alam semesata, maka hidup mu pasti tdk akan menemukan kesia-siaan...

Greetings from Kupang...
Smile and keep on taking the Journey to Perfection
Jesus loves you and so do I need

dibuat pada : 2017-01-25 18:49:41

Rabu, 25 Januari 2017

Amsal 30:15-16
"...Si lintah mempunyai dua anak perempuan: "Untukku!" dan "Untukku!" Ada tiga hal yang tak akan kenyang, ada empat hal yang tak pernah berkata: "Cukup!"
Dunia orang mati, dan rahim yang mandul, dan bumi yang tidak pernah puas dengan air, dan api yang tidak pernah berkata: "Cukup!"

---> Pagi ini Firman Tuhan mengajarkan dan mengingatkan kita akan arti kata 'CUKUP'. Hanya jika kita, anak anak Tuhan mampu dan benar benar memahami kata cukup, maka barulah kita dpt tersenyum dan bersyukur. Sebaliknya, jika kita hanya dpt berkata 'sedikit lagi...' atau 'kurang ini dan itu...' atau 'belum ada...', maka hidup kita tdk akan bisa bersyukur.

Coba lihat dan perhatikan kembali ayat ayat diatas, Firman Tuhan diatas menegaskan, lawan kata dari kata 'cukup' adalah 'lintah atau penghisap'.‎ Lintah punya dua anak, yg tua bernama: 'untukku!' dan yg muda bernama 'untukku'... bagi Lintah, tdk ada kata 'untukmu...' atau 'berbagi...' apalagi 'memberi..., menolong yg lain...' Semua anak anak nya atau buah buahnya adalah 'untukku dan untukku'.

Kemudian kitab Amsal mengumpamakan anak anak lintah spt 4 hal yg tdk pernah kenyang, sekalipun menerima dan makan terus menerus, tapi yg dimakan itu habis dan hilang spt :
‎1. Dunia orang mati,
2. Rahim yang mandul,
3. bumi yang tidak pernah puas dengan air,
4. api yang tidak pernah berkata: "Cukup!"

Dari keempat buah buah hasil lintah, kita akan setuju bahwa sejak kematian pertama dibumi ribuan tahun lalu sampai hari ini, ada begitu banyak mayat yg mati dan ditanam didlm bumi,... kenapa bumi tdk penuh dgn mayat? Kemana mayat mayat tsb? Itulah hasil lintah, banyak terima sekian lama tapi tdk ada sisa sisanya... rahim yg mandul menerima benih sperma ber-ratus ratus bahkan ribuan kali, tapi tdk satupun yg memberikan hasil, tdk pernah terjadi pembuahan... semuanya terbuang sia sia... bumi menerima hujan ribuan tahun berlalu ribuan juta kubik bahkan trilliunan kubik air yg sudah jatuh dan diterima bumi, tapi tetap bumi tdk penuh dgn air...api berulang ulang melahap tapi tdk pernah kenyang... itulah buah buah dari lintah, tdk pernah mampu berkata cukup. Itu sebabnya kitab Amsal menerangkan jika hidup kita tdk mempu dan mengalami kata 'cukup' maka yg ada adalah hidup kita menjadi lintah, dimana buahnya adalah 'untukku dan untukku'.

Ada satu gadis sederhana bernama Jenny yg cinta Tuhan, satu pagi Jenny menerima surat di kotak suratnya yg berbunyi:
'... dear Jenny, malam ini Aku mau singgah dan makan malam bersamamu... love Jesus!'
Jenny sukacita bukan main, tapi dia tdk punya apa apa utk dimakan dgn Jesus nanti malam,... Jenny memeriksa dompetnya, menguras semua yg ada, lalu dgn uang receh yg sangat sedikit, dia pergi ke pasar. Jenny membeli sebuah roti gandum panjang dan beberapa potong ham. Jenny sukacita sebab dia akan menjamu tamu special malam ini. Ditengah jalan, Jenny melihat suami istri gembel yg duduk kedinginan dan spt kelaparan, gembel yg pria berkata: '... mam... bolehkah aku meminta sedikit makanan?' Jenny bingung dan berkata: 'Aku tdk punya apa apa, ini ada roti sedikit dan ham, tapi ini utk tamu special nanti malam...'
Setelah berjalan beberapa langkah, Jenny kembali lagi ke gembel tsb dan memberikan roti dan ham yg baru dia beli, 'bapak, sudahlah, ini makan dan nikmati saja...' juga Jenny memberikan Jacketnya kpd istri sang gembel yg kelihatan sangat kedinginan dan sudah tua... gembel tsb tersenyum dan berkata 'thank you mam...'

Sesampainya dirumah, Jenny melihat ada surat lagi di kotak surat, dan begini isinya:
'...dear Jenny, roti dan ham-nya sangat nikmat, Aku sangat menyukainya... bytheway, thanks utk jacket-nya, sangat menghangatkan Aku... love Jesus'
bukankah Alkitab berkata:
Ibrani 13:2 "Jangan kamu lupa memberi tumpangan kepada orang, sebab dengan berbuat demikian beberapa orang dengan tidak diketahuinya telah menjamu malaikat-malaikat..."
Juga:

Matius 25:40 "Dan Raja itu akan menjawab mereka: Aku berkata kepadamu, sesungguhnya segala sesuatu yang kamu lakukan untuk salah seorang dari saudara-Ku yang paling hina ini, kamu telah melakukannya untuk Aku."

Hiduplah dgn rasa cukup agar kita bisa bersyukur dan berbagi dgn yg lain.
Jesus loves you and so do I

dibuat pada : 2017-01-24 21:45:59

Selasa, 24 Januari 2017

Amsal 25:16, 27
"Kalau engkau mendapat madu, makanlah secukupnya, jangan sampai engkau terlalu kenyang dengan itu, lalu memuntahkannya..."

‎--> Madu bukan hanya manis dan enak dicicipi, tapi juga berguna bagi tubuh manusia, namun jika terlalu banyak di nikmati, maka tubuh manusia tdk akan dpt menerimanya lagi, akibatnya akan dimuntahkan dan terbuang sia sia... Sebenarnya apa yg Firman Tuhan maksudkan dgn menikmati madu secara berlebihan? Diayat selanjutnya di pasal yg sama, kitab Amsal menjeelaskan:

Amsal 25:27 "...Tidaklah baik makan banyak madu; sebab itu biarlah jarang kata-kata pujianmu..."
--> Ternyata 'madu' yg dimaksudkan oleh Firman Tuhan di kitab Amsal adalah 'kata kata pujian'. Semua manusia memerlukan kata kata pujian utk mendorong, memberi semangat, menyegarkan, dan memberi pengharapan, namun jika kita terlalu berlebihan menerima puji pujian, maka pujian tsb tdk lagi berguna bahkan cenderung menyesatkan dan membawa kehancuran... kata-kata pujian yg berlebihan yg diberikan seseorang kpd kita atau yg kita berikan kpd orang lain akan menjadi jerat buat kita sendiri. Sesungguhnya, jika kita mau jujur, setiap puji pujian yg kita terima maupun yg kita lontarkan secara berlebihan menunjukan satu dari hal hal ini:
- niat terselubung yg ditutupi lewat pujian, (menjilat jilat) --> bagi orang yg memuji muji manusia secara berlebihan, inilah pendewaan terhadap manusia...
- pengagungan yg tdk pantas diberikan kpd manusia, sebab pujian yg berlebihan adalah kemuliaan yg seharusnya hanya diberikan kpd Tuhan.
- bagi yg menerima pujian berlebihan, hal itu merupakan jerat yg menghancurkan atau yg mematikan kerendahan hati.

Madu memang baik, pujian memang diperlukan, tapi ingat, jgn lewati batas cukup... berikan saja kata kata yg mendorong, memberi semangat dan juga kata kata teguran yg dibutuhkan, dgn demikian pertumbuhan rohani dan kharakter kita seimbang dan kuat... Ada waktunya anak,istri dan suami kita perlu madu yg manis, tapi mereka juga perlu sayur yg pahit dari waktu ke waktu. Jika kita gagal memberikan keduanya secara bergantian dan secukupnya, maka ada kebusukan didlm diri kita yg terungkap lewat puji pujian yg berlebihan...‎ Sbg gembala, sbg seorang business, hampir setiap kali saya menemukan orang yg melemparkan madu terlalu banyak kearah saya, tdk terlalu lama kemudian saya menemukan sang penjilat itu menusuk saya dari belakang... madu yg dia berikan secara berlebihan adalah satu perangkap utk mematikan kesensitifan saya terhadap niat busuk yg dia rancang.... berhati hatilah dgn niat busuk yg berbentuk madu yg manis,...

Dlm satu opera kuno di jaman Grika atau Yunani, ada satu sandiwara dimana Sang actor hanya satu, tapi dia memerankan beberapa kharakter... sang actor berganti ganti kharakter dgn mengganti topeng. Sang actor tampil dgn topeng A utk memerankan tokoh A, lalu masuk kebelakang panggung dan ganti topeng B utk memerankan tokoh B dan seterusnya... sang actor spt itu disebut dlm bahasa Grika sbg 'Denditius Hipokritus' dari kata inilah bahasa English mengenal kata 'Hypocrite' atau 'MUNAFIK'atau yg anak anak muda sebut 'muka nabi fikiran fasik - munafik'

Dlm kehidupan sehari hari, kemunafikan itu berbentuk puji pujian yg berlebihan... hormati atasanmu, tapi jgn munafik... hormati istri suamimu, bukan karena ada niat licik yg engkau harapkan atau sembunyikan,... hormati hamba hamba Tuhan, tapi bukan utk mencari keuntungan atau ada maunya... berlakulah secara wajar... sebab tdk seorang manusiapun yg tahan menerima pujian berlebihan, itu hanya layak bagi TUHAN sendiri.

Smile and keep on walking in the Journey to Perfection
Jesus loves you and so do I

dibuat pada : 2017-01-23 18:34:54

Senin, 23 Januari 2017

Amsal 24:28-29
"...Jangan menjadi saksi terhadap sesamamu tanpa sebab, dan menipu dengan bibirmu.
Janganlah berkata: "Sebagaimana ia memperlakukan aku, demikian kuperlakukan dia. Aku membalas orang menurut perbuatannya."

‎---> Ada satu perkataan English kuno yg berkata: 'tit-for-tat' yg berasal dari kata tip for tap yg artinya membalas sesuai dgn yg orang lain kerjakan kpd kita. Tanpa disadari, filosophy tit-for-tat juga hidup subur diantara orang percaya yg sudah menerima Kebenaran. Tanpa kita sadari, kita condong utk memperlakukan atau minimal mengharapkan perlakuan atau Kejadian busuk terjadi atau menimpa orang yg telah berbuat salah dan jahat kpd kita di waktu lalu... bukannya membalas dgn melepaskan pengampunan yg tulus dan mendoakan orang orang yg telah berlaku jahat kpd kita, diam diam didlm dasar hati kita, kita mendoakan celaka atas orang-orang yang telah berlaku busuk kpd kita... kita memperlakukan tit-for-tat bagi mereka.

Saudaraku‎, bukti akan iman percaya kita kpd Kristus, bahwa kita sungguh-sungguh telah menjadi bagian pewaris Kerajaan Allah yg telah diampuni dosa dosanya adalah jika kita sendiri telah mengampuni dosa orang lain kpd kita. Seorang anak mewarisi DNA yg terkandung didlm darah bapanya. Tahukah saudara DNA darah Bapamu? Jika engkau itu anak Kristus, maka DNA dari Kristus itu mengalir didlm DNA mu juga. Apa yg terkandung didlm DNA Kristus? Pada saat darah itu mengalir keluar di kayu salib, DNA Kristus bersuara keras: 'Bapa,... ampunilah mereka...!' itulah DNA Kristus, bukan tit-for-tat...

Pasti ada orang-orang didlm hidup kita yg telah atau pernah mencelakakan kita atau yg telah secara sengaja atau tdk sengaja berbuat busuk yg sangat merugikan, atau yg telah menghianati kita... ‎ bukti bahwa engkau adalah anak Bapa Surgawi adalah DNA mu akan bersuara 'ampuni mereka... Tuhan berkati dan pulihkan mereka...' Mulai hari ini, jgn lagi mempercayai apalagi menghidupi filosophy tit-for-tat, tapi hidupi Firman Tuhan ini:
‎"...Jangan menjadi saksi terhadap sesamamu tanpa sebab, dan menipu dengan bibirmu. Janganlah berkata: "Sebagaimana ia memperlakukan aku, demikian kuperlakukan dia. Aku membalas orang menurut perbuatannya."

Ampuni mereka yg telah berbuat salah dan jahat sama spt dosamupun telah diampuni oleh TUHAN!

Keep on walking in the Journey to Perfection
Jesus loves you and so do I

dibuat pada : 2017-01-22 19:45:07

Jumat, 20 Januari 2017

Amsal 21:13
"...Siapa menutup telinganya bagi jeritan orang lemah, tidak akan menerima jawaban, kalau ia sendiri berseru-seru...."

---> Pagi ini kita akan sama sama belajar dari satu kebenaran Firman Tuhan yg akan mengarahkan dan membentuk hati kita utk menerima rencangan besar yg Tuhan ingin kerjakan melalui hidup kita.

Ketika saya membaca beberapa pasal dari Kitab Amsal pagi ini, mata dan hati saya diarahkan utk memperhatikan beberapa kebenaran diatas dimana Tuhan secara terang terangan menyatakan keberpihakan-Nya kpd orang lemah, dan orang miskin, dan anak anak yatim. Beberapa kali setelah ayat diatas, kitab Amsal menunjuk kpd kebenaran tsb, contohnya:

Amsal 22:22-23 "...Janganlah merampasi orang lemah, karena ia lemah, dan janganlah menginjak-injak orang yang berkesusahan di pintu gerbang.
Sebab TUHAN membela perkara mereka, dan mengambil nyawa orang yang merampasi mereka."

Amsal 23:10-11 "...Jangan engkau memindahkan batas tanah yang lama, dan memasuki ladang anak-anak yatim.
Karena penebus mereka kuat, Dialah yang membela perkara mereka melawan engkau."

Dan masih banyak ayat ayat lain yg serupa yg bicara tentang kpd siapa hati Tuhan berpihak. Dlm hal ini, mari kita sama sama belajar utk melembutkan dan merendahkan hati kita sendiri,...
Seringkali saya berfikir, orang miskin itu menjadi miskin karena dia bodoh atau malas. Mungkin sebagian memang benar begitu, tapi apakah semua demikian? Bagaimana yg memang tdk memiliki kesempatan? Bagaimana dgn mereka yg lahir di pelosok dan pedalaman yg tdk ada kesempatan apapun spt yg kita dptkan? Kedua, kenapa Yesus sendiri berkata: 'orang miskin akan tetap ada diantaramu?' bukankah Yesus Maha Kuasa dan Maha Kasih? Kenapa tdk Dia ubahkan saja semua simiskin menjadi kaya? Apakah kuasa-Nya kurang mampu utk melakukan hal itu? Atau mungkin ada kehendak lain yg ada di Pikiran Tuhan? Bagaimana dgn orang lemah? Apakah itu juga salah dia? Bagaimana dgn anak anak Yatim? Apakah semua anak Yatim itu membunuh bapaknya sendiri sehingga jadi Yatim, dan bisa kita katakan salah sendiri?

Atau,... mungkin Tuhan ingin si kaya, si kuat, dan kita semua gereja-Nya utk belajar dimana hati Tuhan berada?... kemana detak jantung Tuhan berirama?... Saudaraku, pagi ini kita diingatkan bahwa ada tanggung jawab yg kita pikul terhadap orang lemah, anak yatim, dan orang-orang miskin... melalui saudara dan sayalah pertolongan Tuhan dpt mengalir ke mereka. Dgn demikian, waktu engkaupun susah dan butuh pertolongan satu kali nanti, telinga Tuhan diarahkan kpd mu, ingat:

"...Siapa menutup telinganya bagi jeritan orang lemah, tidak akan menerima jawaban, kalau ia sendiri berseru-seru...."

Smile, it's Friday, ... keep on taking the Journey to Perfection
Jesus loves you and so do I

dibuat pada : 2017-01-19 18:57:12

Kamis, 19 Januari 2017

Amsal 20:7
"...Orang benar yang bersih kelakuannya — berbahagialah keturunannya." Dalam terjemahan King James lebih jelas sebab dituliskan demikian: ‎"...The just man walketh in his integrity, his children are blessed after him... - Orang benar yg berjalan didlm integritas-nya, diberkatilah keturunannya..."

---> Coba renungkan sebentar, bukankah semua kita merindukan anak cucu kita diberkati Tuhan? Dptkah kita beperkara dgn Tuhan? Adakah satu perkara yg bisa kita buat dimana komitment atau janji utk satu perkara yg kita buat dgn Tuhan itu akan dinikmati oleh anak cucu kita? Ada.... yaitu berjalan didlm integritas!

Integritas itu berarti 'unit of one', tdk dikotak kotakan... orang yg berjalan didlm integritasnya tdk memiliki: 'hidup di gereja...' yg mungkin berbeda dgn 'hidup dirumah' atau sama sekali tdk sama dgn 'hidup didunia usaha'!

Dlm hal inilah seringkali orang percaya menjadi batu sandungan... sebab hidup di luar gereja orang tsb berbeda total dgn hidupnya digereja apalagi diatas mimbar. Saya menemukan begitu banyak istri yg mengeluh dan menangis sebab suaminya yg adalah pelayan Tuhan, tapi lebih mirip dgn setan di rumah... atau sebaliknya, istri yg begitu luar biasa digereja tapi hidupnya menjadi batu sandungan buat banyak orang... yg paling sering ditemukan adalah orang percaya atau hamba Tuhan yg tdk sama di gereja dgn didunia usaha... kecurangan, penipuan, penghianatan, kepalsuan dll semua itu bentuk nyata dari tdk adanya integritas pada orang Kristen tsb yg terungkap didunia usaha!

Kenapa paling sering ketidak adaannya integritas terungkap didunia usaha? Sebab disitu ada 'UANG' dan cinta akan uang yg adalah akar segala kejahatan, telah menggerogoti integritas anak anak Tuhan....

Jika saudara ingin sungguh-sungguh belajar utk berjalan didlm integritas, hal pertama yg harus kita lakukan adalah belajar JUJUR dgn uang! Ingat ayat diatas dlm terjemahan KJV berkata: "The just man walketh in his integrity‎..." The just itu lebih tepat diterjemahkan sbg 'orang jujur atau adil...' dari kata dasar 'just' dibangun satu kata 'justice atau keadilan'. Mustahil utk kita mau belajar hidup dgn integritas jika kita tdk berani berlaku jujur dgn uang. Mudah bagi saya utk bicara tentang 'kejujuran soal keuangan' tapi mempraktekannya jauh lebih sulit... sering harus dgn menelan kerugian besar... atau bahkan dgn tetesan air mata... tapi semua itu benih utk memberkati anak cucumu, sebab yg berjanji adalah Tuhan sendiri, '...orang jujur yg berjalan dgn integritas-nya, diberkatilah keturunannya...' Lebih jauh, belajarlah utk berlaku adil dgn 'uang' yg Tuhan percayakan pada kita... Tuhan tahu apakah kita berlaku adil atau serakah, sebenarnya, hati nurani kitapun tahu apakah saya berlaku adil atau tdk...

Smile and keep on taking the Journey to Perfection by walking in your integrity, for Jesus loves you and so do I

dibuat pada : 2017-01-18 19:42:37

Rabu, 18 Januari 2017

Amsal 19:22
"...Sifat yang diinginkan pada seseorang ialah kesetiaannya; lebih baik orang miskin dari pada seorang pembohong..."

---> Pagi ini TUHAN mengingatkan kita akan satu kharakter yg sangat bernilai yg diidam idamkan Tuhan dari kita.... sama spt setiap kita sesungguhnya mengidam idamkan hal ini, kesetiaan, lebih dari lainnya dari satu sama lain...

Seorang suami atau istri jauh lebih memilih pasangannya utk setia lebih dari lain lainnya... suaminya boleh saja kurang pintar cari uang, atau kurang tampan atau kurang tinggi posisinya di pekerjaan dan masyarakat, tapi yg terpenting adalah suaminya setia... itu lebih berharga dari segalanya...

Seorang pengusaha bisa saja memiliki karyawan yg kurang terampil, kurang mahir dll, tapi jgn sampai dia tdk setia. Sebab ketidak setiaan akan melahirkan penghianatan dan penipuan...

Dlm hal yg sama, Tuhan juga mencari gereja-Nya yaitu saudara dan saya yg berani hidup setia.‎ Seringkali kesetiaan tdk selalu menghasilkan buah baik saat itu juga, kesetiaan memerlukan waktu... kesetiaan di uji lewat process dan tekanan,... lewat saat saat menanti-nantikan waktu... itulah buah kesetiaan. Pada saat kita berdoa, seringkali Tuhan tdk langsung menjawab doa doa kita, kenapa Dia berbuat demikian? Tdk kah Tuhan tahu bahwa kita sangat membutuhkan pertolongan? Kenapa Dia tunda tunda? Saya temukan alasan utama dari 'penundaan' yg sering Tuhan kerjakan di hidup kita agar Dia bisa memahat dan membentuk kharakter Setia didlm kita... kesetiaan hanya bisa diuji lewat waktu... Tetaplah berharap dan bersyukur jika doa doamu belum digenapi... Tuhan pasti mendengar dan menjawab doa umat-Nya, namun Dia jauh lebih tertarik utk menemukan kharakter setia didlm dirimu dan diriku...

Satu kali seorang reporter bertanya kpd ibu Theresa, 'ibu... engkau dtg ke Calcutta utk menolong orang-orang miskin dan gembel gembel,... tapi lihat sebelum engkau dtg dan hari ini ada jauh lebih banyak orang miskin dan gembel di Calcutta, tdkkah engkau merasa gagal? '
Ibu Theresa tersenyum dan berkata: 'anak muda, Tuhan memanggilku bukan utk berhasil atau success, tapi Tuhan memanggil ku utk Setia...‎'

Hari ini, hal yg sama Tuhan ingin ingatkan kpd kita semua, panggilan Tuhan yg akan membawa senyum di wajah-Nya adalah jika engkau dan saya menjadi setia.... bukan jika engkau success dan hebat yg membuat Tuhan mu tersenyum... tapi jika engkau setia...

Mulailah belajar utk setia dgn istri dan suamimu... setia dgn cara engkau mengatur keuanganmu... setia dgn waktu waktumu... setia dgn perkara kecil agar Tuhan mempercayakan perkara besar didlm hidupmu.

Smile and keep on taking the Journey to Perfection....
Jesus loves you and so do I

dibuat pada : 2017-01-17 18:56:49

Selasa, 17 Januari 2017

Amsal 16:4
"...TUHAN membuat segala sesuatu untuk tujuannya masing-masing, bahkan orang fasik dibuat-Nya untuk hari malapetaka."

---> Pagi ini kita diingatkan akan tujuan hidup. Mark Twain berkata satu kali, '... ada 2 hari penting didlm hidup seorang manusia, yaitu hari dimana dia dilahirkan, dan yg ke dua hari dimana dia menemukan utk tujuan apa dia dilahirkan...' Sejujurnya Mark Twain itu tepat sekali. Semua kita yg membaca Morning dew ini sudah menerima hari penting pertama, semua kita telah dilahirkan, kita rayakan tiap tiap tahunnya sbg 'birthday' dimana kita remembering our day of birth, tapi belum tentu engkau telah menemukan hari penting kedua, yaitu utk tujuan apa engkau dilahirkan?

The Message Bible mengatakan ayat diatas demikian: "...God made everything with a place and purpose; even the wicked are included—but for judgment... - Tuhan membuat segala sesuatu dgn tempat dan tujuannya masing masing, bahkan orang fasik juga termaksud, tapi utk penghakiman..." Coba renungkan kembali ayat tadi,...

Sebenarnya jika manusia gagal memahami apalagi menggenapi tujuan hidup dan tempatnya dihadapan Tuhan, maka orang tsb dibuat utk hari penghakiman, utk menyatakan kedaulatan Tuhan bahwa hidup itu perlu dipertanggung jawabkan, bukan sekedar dijalani atau dinikmati... Tdk ada pilihan, nothing is in between,... either saudara memahami dan menggenapi tujuan dan tempat dimana Tuhan telah tetapkan bagimu dan bagiku, atau kita hidup hanya sekedar menunggu judgment day, hari penghakiman dimana Sang Pencipta akan bertanya, 'mana talenta yg aku titipkan kpdmu? Apa yg telah engkau perbuat dgn semua itu? Ingat, hamba yg jahat dan malas tdk mencuri, tdk korupsi, dia hanya simpan dibawah tanah talenta yg dititipkan tuannya, tapi dimata sang tuan, hamba itu telah berbuat jahat dan malas... kalau dia malas saya bisa mengerti, tapi dimana letak kejahatannya? Hamba itu disebut jahat sebab dia tdk menggenapi tujuan sang tuan... hari itu menjadi judgment day utk nya.‎ "

Masalahnya adalah, tdk satupun dari ketiga hamba itu menerima instruksi yg jelas dari sang tuan, utk tujuan apa talenta talenta tsb dipercayakan oleh sang tuan, coba perhatikan ayat ayat ini:
Matius 25:14-15 "Sebab hal Kerajaan Sorga sama seperti seorang yang mau bepergian ke luar negeri, yang memanggil hamba-hambanya dan mempercayakan hartanya kepada mereka. Yg seorang diberikannya lima talenta, yang seorang lagi dua dan yang seorang lain lagi satu, masing-masing menurut kesanggupannya, lalu ia berangkat..."

Sama sekali tdk diberitahukan, apa yg harus mereka lakukan dgn talenta talenta tsb... jadi dimana letak kejahatan hamba ketiga? Perhatikan ayat 15 perlahan lahan: ‎"... Yg seorang diberikannya lima talenta, yang seorang lagi dua dan yang seorang lain lagi satu, MASING-MASING MENURUT KESANGGUPANNYA, lalu ia berangkat..."‎ itulah jawabannya, 'masing masing-masing menurut kesanggupannya...'

Utk menemukan tujuan hidup kita masing masing, coba periksa apa yg kita sanggup kerjakan utk memuliakan Tuhan? Ditempat dimana Tuhan tempatkan kita, periksa apa yg kita bisa kerjakan, nilai nilai positif dan luhur apa yg bisa kita berikan? Itulah cara seseorang menemukan tujuan hidupnya masing-masing...

Daud begitu berkenan kpd Tuhan, sebab inilah yg Daud kerjakan:
‎Saya pakai versi King James utk melukiskan ayat ini, sebab sangat tepat maknanya: "For David, after he had served his own generation by the will of God, fell on sleep, and was laid unto his fathers,... - sebab bagi Daud, setelah dia melayani generasinya dgn kehendak Allah, lalu tertidur dan dibaringkan bersama nenek moyangnya..." (Kisah Rasul 13:36)

Seakan ayat itu menyatakan Daud hidup hanya sekedar utk menggenapi kehendak Tuhan, kapan dan dimana? Pada generasinya, dijamannya, ditempat Tuhan tetapkan dia...

Apa yg saudara dan saya telah kerjakan utk generasi ini? Ditempat dimana Tuhan telah tempatkan kita? Dgn kemampuan berbeda beda yg kita miliki, satu kali, hari penghakiman itu akan dtg dimana semua kita harus mempertanggung jawabkan apa yg kita terima dari Sang Pencipta, berdoa dan temukan tujuan hidupmu pagi ini...

Smile,... Jesus loves you and so do I

dibuat pada : 2017-01-16 19:53:40

Senin, 16 Januari 2017

Amsal 14:2, 26-27
"...Siapa berjalan dengan jujur, takut akan TUHAN, tetapi orang yang sesat jalannya, menghina Dia.
Dalam takut akan TUHAN ada ketenteraman yang besar, bahkan ada perlindungan bagi anak-anak-Nya.
Takut akan TUHAN adalah sumber kehidupan sehingga orang terhindar dari jerat maut..."

---> Firman Tuhan pagi ini kembali mengingatkan kita akan hal yg berharga dan sangat berarti bagi setiap pribadi utk berjalan diwaktu waktu kedepan,... perhatikan ayat 26 dan 27 diatas:

Semua kita perlu 'ketenteraman' apalagi ketenteraman yg besar... bangsa ini perlu ketenteraman agar usaha dan perekonomian bisa bergerak maju... jika rumah tangga kita hidup dgn tenteram, maka sesulit apapun tekanan hidup yg kita hadapi, kita akan memiliki semangat juang dan akan selalu menemukan terobosan terobosan yg baru...

Sekuat dan sehebat apapun manusia, akan ada waktunya kita perlu dan bahkan haus akan 'perlindungan'... sejak kecil atau kanak kanak, kita didorong utk belajar mandiri dan bertanggung jawab, namun seberapa mandirinya manusia, akan ada waktu dimana kita haus utk dilindungi... bahkan manusia hanya bisa merasa tenang dan melangkah dgn pasti karena tahu dia dilindungi... kenapa engkau tinggalkan uangmu di bank? Karena tahu ada hukum yg melindungi keamanan uangmu... kenapa engkau berani membawa mobil dgn cukup kencang padahal jarak mobil didepanmu hanya 10 meter? Karena engkau tahu mobil itupun akan bergerak maju kedepan... itulah perlindungan yg sudah menjadi norma norma cara kita hidup...

Terlebih lagi, semua manusia ingin hidup... Dan terhindar dari jerat mau... kita berolah raga, kita makan vitamin, berobat bila perlu, semua karena kita mau tetap hidup dgn sehat...

Semua hal itu sebenarnya akan didptkan apabila kita memiliki 'takut akan Tuhan', itulah yg Amsal diatas katakan... tapi bagaimana saya bisa menumbuhkan 'takut akan Tuhan'? Perhatikan kembali ayat 2 diatas: 'berjalanlah dgn jujur...' itulah rahasia utk menerima takut akan Tuhan.
Seringkali berbohong lebih menguntungkan, dusta terasa nikmat dan menjadi solusi yg paling tepat, tapi engkau hanya akan menerima 'takut akan Tuhan' ketika engkau berani berjalan dgn jujur...

Mulailah hidup jujur mulai hari ini,...itulah perjalanan menuju kesempurnaan.

Smile and keep on taking the Journey to Perfection
Jesus loves you and so do I

dibuat pada : 2017-01-15 18:52:17