Morning Dew

Jumat, 13 Januari 2017

Amsal 10:16
"...Upah pekerjaan orang benar membawa kepada kehidupan, penghasilan orang fasik membawa kepada dosa..."

---> Pagi ini TUHAN mengingatkan dan mengajarkan kepada saya dan saudara akan 'upah pekerjaan atau tindakan kita...' Kitab Amsal banyak berbicara dan mengajar kita akan 'takut akan Tuhan' dan secara lengkap dan detail hikmat Tuhan di kitab Amsal banyak berbicara tentang 2 hal, setidaknya itu yg saya perhatikan:

1. Kejahatan yg timbul karena cinta akan uang...
2. Kehancuran akibat perempuan jalang atau pelacuran, perselingkuhan...

Inilah 2‎ topik yg paling sering di bicarakan dikitab Amsal. Pagi ini TUHAN mengingatkan kita lagi akan betapa jahatnya pengaruh dari rakus akan uang yg membuat manusia menghalalkan segala cara dan mengabaikan semua aturan yg benar...

Orang benar dan orang fasik akan sama sama perlu uang, sama sama berusaha dan bekerja, bedanya adalah di upahnya:
- hasil usaha orang benar yg bekerja dan berusaha dgn benar adalah KEHIDUPAN...
- sedangkan hasil usaha orang fasik yg bekerja dan berusaha dgn menghalalkan segala cara adalah membawa kpd dosa,... tdk sedikit bahkan sampai kpd maut. Bukankah Firman Tuhan berkata di ‎Roma 6:23 bahwa 'upah dosa adalah maut...'

Di Canton Ohio pada tahun 1933, terjadi winter atau musim dingin yg sangat berat...‎ America saat itu sedang mengalami 'great depression' atau depresi ekonomy yg sangat berat... satu ketika, muncul berita ada seorang dermawan yg rela membantu dgn menyumbangkan santunan sebesar $ 5 per keluarga yg sangat miskin agar ada cukup makanan, berita itu ditandatangani oleh seorang bernama B. Virdot... beberapa waktu lamanya check itu dikirimkan kebeberapa rumah tangga setiap bulannya sebesar $5 setiap bulan per keluarga... lama setelah peristiwa itu berlalu... badai depresi ekonomipun berangsur angsur membaik... disatu rumah sederhana seorang anak remaja ketika sedang membersihkan gudang di lantai atas yg dulu digunakan oleh kakeknya, Sam Stone, anak kecil itu menemukan satu koper besar berisi surat surat dari seluruh orang miskin di Canton...surat surat itu intinya berisi kata kata: 'THANK YOU! '... ternyata Sam Stone seorang pensiunan pegawai kantor pos lah orang yg telah membantu warga miskin di kotanya utk keluar dari kemelut Ekonomi saat itu... B. Virdot diambil dari nama ketiga anak perempuannya, Barbara,... Virginia,... & Dorothy... Sam Stone telah menerima upah yg membawa kehidupan dari hasil pekerjaannya.

Beberapa tahun yg lalu, dunia digemparkan dgn terbongkarnya scandal scandal kejahatan keuangan, spt World com, Enron, dll. Ada juga nama Bernie Maddoff yg mengumpulkan dana sbg investment banker dgn melakukan ponzy scheme atau kejahatan penipuan keuangan... keluarga Maddoff tinggal dgn kemewahan yg luar biasa di Manhattan New York, namun ketika rahasia itu terbongkar,... Bernie Maddoff dijatuhi hukuman 150 tahun... 2 tahun setelah itu, anaknya yg tertua, Mark Maddoff karena tdk tahan menanggung rasa malu dan cibiran orang lain, memutuskan utk menggantung dirinya sendiri di appartmentnya...

Lalu utk apa dan utk siapa kekayaan yg begitu banyak yg dikumpulkan dgn tdk benar itu, jika anak kandungnya sendiri bunuh diri, dia juga dipenjarakan sampai akan mati didlm penjara...

Bukankah ini semua persis spt yg kitab Amsal diatas ajarkan ke kita, "...Upah pekerjaan orang benar membawa kepada kehidupan, penghasilan orang fasik membawa kepada dosa..."

Pelajaran penting pagi ini, bukan berapa banyak uang yg menentukan engkau akan hidup atau hancur... tapi bagaimana engkau mendapatkan uang tsb... makanlah yg halal atau yg kosher yaitu makanan yg diterima dgn tangan yg bersih dan benar, bukan hasil penipuan dan perampokan...

Smile and keep taking the Journey to Perfection
Jesus loves you and so do I

dibuat pada : 2017-01-12 20:18:19

Kamis, 12 Januari 2017

Amsal 4:18-19, 23-27
"...Tetapi jalan orang benar itu seperti cahaya fajar, yang kian bertambah terang sampai rembang tengah hari.
Jalan orang fasik itu seperti kegelapan; mereka tidak tahu apa yang menyebabkan mereka tersandung.
Jagalah hatimu dengan segala kewaspadaan, karena dari situlah terpancar kehidupan.
Buanglah mulut serong dari padamu dan jauhkanlah bibir yang dolak-dalik dari padamu.
Biarlah matamu memandang terus ke depan dan tatapan matamu tetap ke muka.
Tempuhlah jalan yang rata dan hendaklah tetap segala jalanmu.
Janganlah menyimpang ke kanan atau ke kiri, jauhkanlah kakimu dari kejahatan..."

---> Firman Tuhan menegaskan ada 2 jalan hidup yg sangat berbeda,... jalan hidup orang benar dan jalan hidup orang fasik atau orang yg tdk bersedia hidup sesuai kebenaran Firman Tuhan.

- ‎Jalan orang benar itu seperti cahaya fajar, yang kian bertambah terang sampai rembang tengah hari.‎... atau spt subuh waktu masih gelap sekalipun, tapi semakin terang semakin bercahaya... matahari akan semakin jelas terlihat, semuanya semakin disingkapkan dan dibuat terang dan jelas sampai puncaknya adalah rembang tengah hari dan tdk beranjak,... tetap terang spt pada saat itu, saat rembang tengah hari... Bukankah ini sesuai dgn janji Tuhan melalui Musa kpd umat-Nya di Ulangan 28:13 "...TUHAN akan mengangkat engkau menjadi kepala dan bukan menjadi ekor, engkau akan tetap naik dan bukan turun, apabila engkau mendengarkan perintah TUHAN, Allahmu, yang kusampaikan pada hari ini kaulakukan dengan setia,..."

- Se‎baliknya jalan orang fasik atau orang berdosa adalah '...seperti kegelapan; mereka tidak tahu apa yang menyebabkan mereka tersandung...' Siapakah yg disebut orang fasik? Coba renungkan sebentar ayat ini, orang fasik hidup didlm kegelapan, sampai sedemikian genapnya, mereka tdk tahu apa yg membuat mereka tersandung... spt orang yg buta matanya atau yg celik sekalipun tapi berjalan didlm kegelapan yg pekat... tersandung dan jatuhpun tdk tahu apa sebabnya... Coba bayangkan bagaimana jika mata hatimu buta?... jatuh dlm dosa dan terjungkalpun, tdk sadar itu dosa... bukankah hal demikian itu banyak diantara kita? Bahkan didlm gereja Tuhan sekalipun... tdk merasa bersalah... merasa berhak... tdk tahu aturan... kurang ajar... tdk tahu merasa malu... jika hal ini dilakukan oleh orang yg tdk kenal Tuhan, itu mungkin wajar, tapi jika hal itu dilakukan oleh kita yg sudah kenal Tuhan dan mengecap begitu banyak kebaikan Tuhan, mungkinkah sesungguhnya kita tergolong orang fasik?

‎Pagi ini, tuntunan Tuhan bagi orang yg mau hidup benar, yg mau dipimpin menuju Journey to Perfection adalah 'JAGA HATI kita masing masing!!!' bagaimana cara kita menjaga hati kita? Perhatikan lagi Firman Tuhan di kitab Amsal 4:24 - 27 diatas :

- Buanglah mulut serong dari padamu... berhenti berkata bohong...
-‎ Jauhkanlah bibir yang dolak-dalik dari padamu... mulai berkata apa adanya, jgn dipoles poles supaya terdengar tdk salah dan mencari cari alasan... itu sama saja dusta... jgn berpolitik dgn bibirmu... ‎Mulut dan bibir mu adalah satu jendela utk mendeteksi isi hatimu... jika isinya busuk, yg keluar berbau busuk... kebohongan itu berbau busuk.
‎- Matamu memandang terus ke depan dan tatapan matamu tetap ke muka... perhatikan apa yg engkau lihat, sebab itulah satu pintu masuk kpd hatimu..?
- Tempuhlah jalan yang rata dan hendaklah tetap segala jalanmu... belajar utk setia dlm hidup ini, jgn mudah berpindah pindah hati... 'hendaklah tetap segala jalanmu... ‎'
- Janganlah menyimpang ke kanan atau ke kiri, jauhkanlah kakimu dari kejahatan... perhatikan tempat tempat yg sering engkau kunjungi... sebab spt itulah hasrat hatimu... Perhatikan aliran uang dan waktu yg paling banyak engkau habiskan, sebab itulah ungkapan isi hatimu...

Pagi ini, periksa dan jaga hati kita masing-masing, itu tugas kita bukan tugas Tuhan! Jaga dgn mendeteksi dini spt yg kitab Amsal ajarkan, itulah hikmat utk berjalan menuju kesempurnaan...

Jesus loves you and so do I

dibuat pada : 2017-01-11 20:51:29

Rabu, 11 Januari 2017

Amsal 3:1-4
"...Hai anakku, janganlah engkau melupakan ajaranku, dan biarlah hatimu memelihara perintahku,
karena panjang umur dan lanjut usia serta sejahtera akan ditambahkannya kepadamu.
Janganlah kiranya kasih dan setia meninggalkan engkau! Kalungkanlah itu pada lehermu, tuliskanlah itu pada loh hatimu,
maka engkau akan mendapat kasih dan penghargaan dalam pandangan Allah serta manusia..."

Perkatan pengajaran Amsal diatas adalah perkataan seorang bapa kpd anak anaknya atau melukiskan perkataan Bapa Surgawi kpd kita anak anak-Nya, gereja Tuhan. Perkataan atau pesan itu begitu penting, hingga spt seorang bapa yg akan pergi jauh atau spt seorang bapa yg akan meninggal dan memberikan pesan pesan terakhir, dan begitu pentingnya pesan pesan ini, sampai bapa itu berkata: "...Hai anakku, janganlah engkau melupakan ajaranku, dan biarlah hatimu memelihara perintahku,..."

Ajaran yg begitu berharga dan berguna sampai sampai ‎mendatangkan '...panjang umur dan lanjut usia serta sejahtera akan ditambahkannya kepadamu‎....' bahkan '...engkau akan mendapat kasih dan penghargaan dalam pandangan Allah serta manusia...'

Berkat kasih setia dan penghargaan dlm pandangan Allah serta manusia akan menjadi bagian bagi orang orang yg hatinya memelihara perintah Bapa ini... apa isi perintah-Nya? ‎Perhatikan perintah Bapa ini:

---> "...Janganlah kiranya kasih dan setia meninggalkan engkau! Kalungkanlah itu pada lehermu, tuliskanlah itu pada loh hatimu,..."

Hiduplah dgn kasih dan setia... itulah yg Bapa pesankan pagi ini, tapi bagaimana kita harus hidup dgn kasih dan setia? Melalui 2 cara ini:
- kalungkan pada lehermu...
- tuliskan pada loh hatimu...

Kenapa harus melalui 2 cara itu? Inilah pelajaran yg Bapa mau kita mengerti pagi ini, dgn satu kata bisa saya simpulkan, hiduplah dgn memiliki INTEGRITY atau INTEGRITAS!
Apa arti atau definisi dari integrity? Secara simple integrity artinya 'unit of one' atau satu kesatuan, tdk ada topeng atau bukan sandiwara.

Saat saat ini, hidup manusia penuh dgn kepura puraan... kita suka pakai topeng,... ini hidup saya di gereja, ini hidup di pekerjaan, ini hidup dirumah, dll... Itu sebabnya tdk heran seorang hamba Tuhan yg luar biasa di gereja ternyata hidup dlm perselingkuhan... Seorang pelayan gereja ternyata ngemplang uang orang dan tdk merasa bersalah... Seorang anak Tuhan berhutang lalu tdk ada niat utk bayar hutang... itulah gambaran kharakter orang-orang didlm gereja akhir akhir ini, sehingga penginjilan sulit sekali menembus hati hati yg sudah terluka oleh sikap anak anak Tuhan yg menjadi batu sandungan bagi orang lain.

Bapa Surgawi pagi ini mengingatkan kita utk hidup dgn integritas yg benar, kesetiaan dan kasih itu harus dikalungkan dileher, supaya dilihat orang, tapi juga harus diukir di loh hati supaya dilihat TUHAN, sebab TUHAN melihat yg tersembunyi... dgn kata lain, luar dalam hidupmu itu sama... luarnya penuh kasih dan setia, dlmnya pun penuh kasih dan setia. Itulah integritas... sama dimanapun, tersambung menjadi satu... tdk ada kepura puraan. Ada begitu banyak orang Kristen hari hari ini yg mengenakan pengajaran Tuhan hanya spt kalung di leher, sehingga bisa mudah dicopot... ketika berurusan dgn UANG, dia lebih rakus dari perampok, ketika berhadapan dgn wanita cantik diluar gereja, dia lebih genit daripada orang yg tdk kenal Tuhan... spt itukah hidupku dan hidupmu?

Pagi ini Bapa Surgawi mengingatkan kita, hiduplah dgn integritas yg benar, dimanapun engkau berada, hidupmu sama saja... sebab kasih dan setia itu ada dilehermu dilihat orang dan ada di loh hatimu dilihat TUHAN.

Smile and keep taking the Journey to Perfection...
Jesus loves you and so do I

dibuat pada : 2017-01-10 19:02:18

Selasa, 10 Januari 2016

Amsal 2:1-2, 4-5, 9-12, 16
"Hai anakku, jikalau engkau menerima perkataanku dan menyimpan perintahku di dalam hatimu,
sehingga telingamu memperhatikan hikmat, dan engkau mencenderungkan hatimu kepada kepandaian,
jikalau engkau mencarinya seperti mencari perak, dan mengejarnya seperti mengejar harta terpendam,
maka engkau akan memperoleh pengertian tentang takut akan TUHAN dan mendapat pengenalan akan Allah.
Maka engkau akan mengerti tentang kebenaran, keadilan, dan kejujuran, bahkan setiap jalan yang baik.
Karena hikmat akan masuk ke dalam hatimu dan pengetahuan akan menyenangkan jiwamu;
kebijaksanaan akan memelihara engkau, kepandaian akan menjaga engkau
supaya engkau terlepas dari jalan yang jahat, dari orang yang mengucapkan tipu muslihat,
supaya engkau terlepas dari perempuan jalang, dari perempuan yang asing, yang licin perkataannya,..."

--->‎ Dunia tdk terlalu membutuhkan orang pintar, ada begitu banyak orang pintar yg bekerja utk justru mengeruk kekayaan bagi dirinya sendiri saja, bahkan tdk sedikit yg membuat rusak satu tatanan pemerintahan dan masyarakat... Dunia membutuhkan orang bijaksana yg memiliki hikmat, hikmat dan kebijaksanaan itu asalnya dari Tuhan, coba perhatikan bagaimana hikmat dan kebijaksanaan itu diperoleh:

Kitab Amsal ‎diatas mengajarkan bahwa ketika kita mencarinya spt menggali perak dan harta terpendam... maka yg pertama tama ditemukan adalah 'takut akan Tuhan...' Sangat aneh... yg dicari dan dikejar adalah hikmat, tapi yg ditemukan pertama tama adalah takut akan Tuhan, sebab memang hikmat dan kebijaksanaan hanya ada didlm takut akan Tuhan, akibatnya, ‎"...Maka engkau akan mengerti tentang kebenaran, keadilan, dan kejujuran, bahkan setiap jalan yang baik." Hanya karena menemukan takut akan Tuhan, maka hati kita akan faham tentang 'kebenaran, keadilan dan kejujuran...' bahkan lebih jauh lagi, "...engkau akan terlepas dari jalan yang jahat, dari orang yang mengucapkan tipu muslihat, dan engkau akan terlepas dari perempuan jalang, dari perempuan yang asing, yang licin perkataannya,..."

Hikmat dan kebijaksanaan yg diperoleh melalui takut akan Tuhan akan menjadi jawaban dlm kehidupan kita diwaktu waktu mendatang... kita bisa salah memilih, kita bisa salah melangkah, kita bisa tergoda dan terjebak, itu sebabnya kita perlu hikmat dan kebijaksanaan dari Tuhan, temukan melalui takut akan Tuhan.

Tapi hikmat tdk muncul tiba tiba, engkau harus mencarinya spt mencari perak,... gali, berpeluh,... bekerja keras, itulah yg disebut kerajinan dan penyangkalan diri... ada kedagingan yg dipaksa tdk enak, itu penyangkalan diri. Rindukah engkau memiliki hikmat? Sangkali dagingmu dan kerjakan bagianmu dgn sungguh-sungguh... tahun ini jgn lagi bermalas malasan... bangun lebih pagi, cari Tuhan sungguh-sungguh dan baca Firman Tuhan secara teratur... bekerja keras dgn benar... maka hikmat Tuhan akan turun bagimu.

Smile and keep on taking the Journey to Perfection
Jesus loves you and so do I

dibuat pada : 2017-01-09 21:07:17

Senin, 9 Januari 2016

Amsal 1:8-18
"...Hai anakku, dengarkanlah didikan ayahmu, dan jangan menyia-nyiakan ajaran ibumu
sebab karangan bunga yang indah itu bagi kepalamu, dan suatu kalung bagi lehermu.
Hai anakku, jikalau orang berdosa hendak membujuk engkau, janganlah engkau menurut;
jikalau mereka berkata: "Marilah ikut kami, biarlah kita menghadang darah, biarlah kita mengintai orang yang tidak bersalah, dengan tidak semena-mena;
biarlah kita menelan mereka hidup-hidup seperti dunia orang mati, bulat-bulat, seperti mereka yang turun ke liang kubur;
kita akan mendapat pelbagai benda yang berharga, kita akan memenuhi rumah kita dengan barang rampasan;
buanglah undimu ke tengah-tengah kami, satu pundi-pundi bagi kita sekalian."
Hai anakku, janganlah engkau hidup menurut tingkah laku mereka, tahanlah kakimu dari pada jalan mereka,
karena kaki mereka lari menuju kejahatan dan bergegas-gegas untuk menumpahkan darah.
Sebab percumalah jaring dibentangkan di depan mata segala yang bersayap,
padahal mereka menghadang darahnya sendiri dan mengintai nyawanya sendiri..."

---> Pagi ini kita belajar dan diingatkan utk terus berjalan di dlm rencana Tuhan, semakin disempurnakan didlm kharakter kita agar menjadi spt gambar Tuhan sendiri...

Kitab Amsal dimulai dgn mengajarkan kita utk memiliki sikap hati dan pola pikir spt seorang anak yg mau diajar dan dinasehati orang tuanya. Agak sedikit aneh sptnya bahwa nasehat pertama di kitab Amsal dari orang tua kpd anak-anaknya atau dari Tuhan kpd kita gereja-Nya adalah jauhi kecurangan akan uang. Sekali lagi, dari semua dosa dan kesalahan yg mungkin dilakukan seorang anak, namun kitab Amsal justru menasehati kita gereja Tuhan utk menjauhi dosa 'CURANG atau SERONG dlm hal KEUANGAN'. Benarlah perkataan Firman Tuhan ini di 1 Timotius 6:10 a. "...Karena akar segala kejahatan ialah cinta uang..."

Coba perhatikan lagi nasehat Salomo di kitab Amsal:
"...Hai anakku, dengarkanlah didikan ayahmu, dan jangan menyia-nyiakan ajaran ibumu
Hai anakku, jikalau orang berdosa hendak membujuk engkau, janganlah engkau menurut;
jikalau mereka berkata: "Marilah ikut kami, biarlah kita menghadang darah, biarlah kita mengintai orang yang tidak bersalah, dengan tidak semena-mena;
kita akan mendapat pelbagai benda yang berharga, kita akan memenuhi rumah kita dengan barang rampasan;..."

Ada nasehat disekitar kita atau bahkan timbul dihati dan pikiran kita sendiri utk mendapatkan keuntungan dgn cara yg paling cepat dan banyak... caranya adalah tipu muslihat atau curang atau keserakahan... bentuknya ada yg kasar ada yg halus... yg kasar itu rampok dan penipuan... yg halus itu hutang dan tdk bayar... keduanya sama saja, itu akarnya adalah cinta akan uang.

Setiap kita rindu utk menikmati kelegaan dan kenyamanan, itu bisa didptkan dgn semakin banyaknya uang kita di bank... jika itu didptkan karena berkat Tuhan dan kerja kerasmu, itu tdk salah, namun jika itu didptkan dari hutang yg tdk engkau kembalikan atau uang orang yg engkau lahap secara tdk jujur, atau mungkin uang Tuhan dlm rupa persepuluhan yg engkau makan sendiri, atau bahkan uang atau harta orang miskin yg Tuhan titipkan kpdmu yg seharusnya engkau bagikan saat engkau panen,... ‎maka keuntungan yg demikian, sesuai nasehat Firman Tuhan pagi ini bagi kita,: ‎"...percumalah jaring dibentangkan di depan mata segala yang bersayap, padahal mereka menghadang darahnya sendiri dan mengintai nyawanya sendiri..."
---> berhati hatilah, engkau sedang menghadang darahmu sendiri...
Spt pribahasa old American says: 'It's pay day someday... - akan tiba hari engkau membayar perbuatanmu sendiri satu kali...'

Jika dimasa lalu, ditahun lalu ada dosa menjaring darahmu sendiri yg sudah engkau lakukan, pagi ini, ambil waktu dan bertobat.... minta Tuhan bantu kita utk tdk lagi melakukan kecurangan dan penipuan dlm hal keuangan... baik itu uang Tuhan, uang orang lain, atau uang orang miskin dan janda janda...‎ berpaling dan jgn berbuat dosa lagi, maka engkau akan mulai melihat, tangan Allahmu menggandeng dan menuntun engkau berjalan menuju Journey to Perfection...

Jesus loves you and so do I

dibuat pada : 2017-01-08 21:12:33

Jumat, 6 Januari 2016

Mazmur 143:5-10
"...Aku teringat kepada hari-hari dahulu kala, aku merenungkan segala pekerjaan-Mu, aku memikirkan perbuatan tangan-Mu.
Aku menadahkan tanganku kepada-Mu, jiwaku haus kepada-Mu seperti tanah yang tandus. Sela
Jawablah aku dengan segera, ya TUHAN, sudah habis semangatku! Jangan sembunyikan wajah-Mu terhadap aku, sehingga aku seperti mereka yang turun ke liang kubur.
Perdengarkanlah kasih setia-Mu kepadaku pada waktu pagi, sebab kepada-Mulah aku percaya! Beritahukanlah aku jalan yang harus kutempuh, sebab kepada-Mulah kuangkat jiwaku.
Lepaskanlah aku dari pada musuh-musuhku, ya TUHAN, pada-Mulah aku berteduh!
Ajarlah aku melakukan kehendak-Mu, sebab Engkaulah Allahku! Kiranya Roh-Mu yang baik itu menuntun aku di tanah yang rata!..."

---> ‎Doa Daud pada ayat 10 dari Mazmur 143 ini adalah satu ungkapan yg juga sesuai dgn kebenaran Firman Tuhan yg Yesus ajarkan didoa Bapa kami, '...jadilah kehendak-Mu, dibumi spt di Surga...'

Inilah yg dikatakan Daud di ayat 10,‎ "...Ajarlah aku melakukan kehendak-Mu, sebab Engkaulah Allahku! Kiranya Roh-Mu yang baik itu menuntun aku di tanah yang rata!..."‎ Pernahkah saudara berdoa demikian? Minta agar Tuhan mengajarimu utk melakukan kehendak-Nya, sebab Dia Allah kita? Inilah satu doa yg tulus dari seorang yg menempatkan diri sbg hamba, sbg pelayan yg bodoh, yg tdk ingin salah mengerjakan kehendak tuan-nya, itu sebabnya dgn begitu rendah hati, sang hamba berkata, 'ajari aku melakukan kehendak-Mu...' atau spt seorang anak yg berusaha keras utk belajar supaya bisa membantu papahnya...
Ada waktu ketika anak saya masih sangat ‎kecil, karena terlalu sering tinggal dirumah sedang saya harus pergi bekerja, satu ketika anak saya membawa beberapa buah coins dan berkata: '... daddy, sudah daddy tdk perlu bekerja, aku sudah punyak cukup banyak uang...' Lalu diserahkan coin coin tsb kpd saya yg jumlahnya tdk lebih dari beberapa ratus rupiah...

Anak itu berusaha membantu orang tua, mengerjakan yg menyukakan hati ayahnya... kadang cara dan polanya bisa salah dan keliru, tapi niatnya tulus dan benar.

Rindukah engkau melakukan kehendak Bapamu? Bersediakah engkau belajar utk melakukan kehendak Bapamu yg di Surga?

Jika hatimu rindu, belajar dari Pemazmur, perhatikan ayat ayat sebelumnya:

Ayat 5: Ingat dan renungkan perbuatan Tuhan yg besar dan ajaib dimasa masa lalu, yg terjadi bagimu ataupun yg ditulis didlm Firman Tuhan...

Ayat 6: Biarlah jiwamu haus dan mengharap harapkan akan Tuhan spt tanah tandus yg berharap akan hujan... jika jiwamu (pikiran, perasaan, dan kehendakmu) haus akan Tuhan, engkau pasti punya waktu utk duduk diam dikaki-Nya, berdoa dan menyembah Dia secara pribadi...

Ayat 8: merenungkan Firman Tuhan setiap pagi demi utk memperoleh tuntunan, jalan mana yg harus ditempuh dan diambil...

Lakukanlah spt yg Firman Tuhan ajarkan, maka jiwamu akan tenang dan engkau akan menerima pengajaran bagaimana melakukan kehendak Bapamu yg di Surga. ‎Jgn lupa siapkan hati dan jiwamu utk beribadah kpd Tuhan minggu ini, jika engkau ingin belajar melakukan kehendak Bapamu...

Smile and keep on taking the Journey to Perfection
Jesus loves you and so do I

dibuat pada : 2017-01-05 20:17:27

Kamis, 5 Januari 2017

Mazmur 139:14-16
"...Aku bersyukur kepada-Mu oleh karena kejadianku dahsyat dan ajaib; ajaib apa yang Kaubuat, dan jiwaku benar-benar menyadarinya.
Tulang-tulangku tidak terlindung bagi-Mu, ketika aku dijadikan di tempat yang tersembunyi, dan aku direkam di bagian-bagian bumi yang paling bawah;
mata-Mu melihat selagi aku bakal anak, dan dalam kitab-Mu semuanya tertulis hari-hari yang akan dibentuk, sebelum ada satu pun dari padanya."

----> Pada waktu dulu, saya berfikir bahwa semua jalan hidup saya adalah saya sendiri yg tentukan dan putuskan,... semakin dewasa saya semakin menyadari bahwa ada satu 'grand design atau rencana Agung' yg Tuhan sudah rancang bagi kita, bahkan sebelum kita dilahirkan... keajaiban yg terlihat melalui process pembentukan kita sbg janin didlm rahim ibu kita masing masing itu sangat dasyat, begitu rumit dan sangat terperinci, tdk ada satu ciptaan manusiapun yg pernah sanggup mendekati karya Grand design didlm rahim seorang ibu... bayi itu di rajut bukan hanya tubuhnya, tapi juga kapasitas kemampuan kerjanya yg akan berkembang dgn berjalannya waktu dan pemahaman, hampir spt software yg terlalu canggih yg bisa memperbaiki kapasitas memorynya dan processornya dgn sendirinya sejalan dgn waktu dan penggunaan... itu sebabnya Daud berkata: "...Aku bersyukur kepada-Mu oleh karena kejadianku dahsyat dan ajaib; ajaib apa yang Kaubuat, dan jiwaku benar-benar menyadarinya..."

Utk apa Grand Design itu dikerjakan Tuhan? Apakah sekedar utk buang buang waktu sehingga kadang kita berfikir, 'buat apa saya dilahirkan?... kenapa keadaan saya tdk baik? Kenapa hidup begitu berat bagi saya?'... Semua pertanyaan pertanyaan spt itu hanya akan membuat kita lemah dan kemudian hancur total... Namun pagi ini, manna yg Tuhan sediakan bagi kita mengajarkan dan mengingatkan kita akan adanya 'grand design atau rencana agung' sang Pencipta ketika engkau dan saya ditenun dirahim ibu kita... bahkan hari hari kedepan yg belum terjadipun sudah dipersiapkan oleh sang Pencipta bagi kita, coba perhatikan lagi Mazmur diatas:
"...Tulang-tulangku tidak terlindung bagi-Mu, ketika aku dijadikan di tempat yang tersembunyi, dan aku direkam di bagian-bagian bumi yang paling bawah;
mata-Mu melihat selagi aku bakal anak, dan dalam kitab-Mu semuanya tertulis hari-hari yang akan dibentuk, sebelum ada satu pun dari padanya."

Didlm buku catatan Sang Pencipta, didlm kitab kitabNya, hari hari yg akan dibentuk, yg belum terjadi, sudah dirancang dan ditulis oleh Nya...

Jika demikian, haruskah engkau takut akan hari esok? Mungkinkah Sang Pencipta yg menyebut dirinya sbg'Bapa-mu'‎ itu merancang yg busuk dan jahat bagi anak anak-Nya sendiri, bukankah salah satu Nama-Nya adalah Yg Setia dan Yg Benar? (Wahyu 19:11)... mungkinkah Yg Setia itu berbuat tdk setia bagi ciptaan-Nya sendiri ? Mungkinkah Yg Benar itu berlaku tdk benar dlm Firman dan rancangan-Nya kpd hasil buatan tangan-Nya sendiri?

Percaya dan tetap berharap kpd Tuhan... Lakukan Firman TUHAN dgn benar maka engkau akan kembali berjalan didlm Grand Design yg Dia telah rancang bagimu dan bagiku... tapak tapak sederhana didlm Grand Design itu akan menuntun hidupmu utk berjalan menuju kpd kesempurnaan, walking in the Journey to Perfection... Jgn lakukan dosa dan kebodohan spt yg engkau lakukan diwaktu waktu lalu,... kembali berjalan di Journey to Perfection...

Jesus loves you and so do I

dibuat pada : 2017-01-04 18:20:33

Rabu, 4 Januari 2017

Mazmur 133:1-3
"...Nyanyian ziarah Daud. Sungguh, alangkah baiknya dan indahnya, apabila saudara-saudara diam bersama dengan rukun!
Seperti minyak yang baik di atas kepala meleleh ke janggut, yang meleleh ke janggut Harun dan ke leher jubahnya.
Seperti embun gunung Hermon yang turun ke atas gunung-gunung Sion. Sebab ke sanalah TUHAN memerintahkan berkat, kehidupan untuk selama-lamanya."

---> Pagi ini Firman Tuhan mengajarkan dan mengingatkan kita akan satu rahasia kekuatan yg dikandung didlm 'persatuan atau unity' sbg tali persaudaraan yg kuat.

Satu kali Genghis Khan, emperor dari kerajaan Mongolia mengumpulkan beberapa jendral jendralnya dan menanyakan strategy perang yg paling tepat menghadapi gempuran dan serangan musuh yg sudah begitu dekat dan sangat kuat... beberapa masukan dia terima, tapi ada satu masukan yg membuat dia tersentak,... yaitu menyerah kalah saja supaya tdk banyak kerugian... Genghis Khan kemudian memerintahkan jendral tsb utk dibunuh mati saat itu juga, sehingga yg lain terheran heran akan sikap tsb... kenapa harus dibunuh? Khan kemudian memerintahkan satu jendralnya utk mematahkan satu anak panah, dgn mudah anak panah itu dia patahkan... kemudian Khan mengambil satu bundle anak panak dan menyuruh jendral tsb mematahkan satu bundle anak panah tsb, sekalipun dgn sekuat tenaga dan susah payah, tdk satupun dari anak panah didlm satu bundle tsb yg berhasil dipatahkan...

Genghis Khan kemudian berkata, sendiri akan membuat manusia lemah, tapi jika kita bersatu teguh, kita akan kuat... jgn biarkan perpecahan yg melemahkan itu hidup subur diantara kita...

Bukankah itu juga yg Firman Tuhan di Mazmur diatas ajarkan pagi ini? Kesatuan yg rukun akan bukan hanya membuat kita kuat, tapi bahkan mendatangkan berkat berkat yg sangat ajaib... dikatakan oleh pemazmur, ...spt embun yg di gunung Hermon, mengalir ke gunung gunug Sion... sebenarnya, berapa besar air yg dikandung embun? Umumnya hanya mampu membasahi rumput rumput saja, tapi Alkitab katakan, embun di gunung Hermon itu akan mengairi gunung gunung Sion...

Pada waktu saya ada di Israel, saya melihat keajaiban yg tdk masuk akal... ada gunung Hermon di Utara dgn 3 anak sungai kecil yg mengalir turun... kemudian membentuk muara dan menjadi sungai Jordan atau Yarden... dari sungai Yordan mengalir lagi membentuk muara yg kita kenal sbg danau Galilea atau danau Genezaret. Kemudian tdk berhenti disitu, terus mengalir lagi dan bermuara membentuk laut mati atau Dead Sea... anak sungai keci digunung Hermon, menjadi sungai besar, kemudian menjadi danau besar utk minum seluruh bangsa, kemudian menjadi lautan... secara mathematics tdk masuk akal, hulunya kecil tapi hilirnya semakin besar dan bahkan menjadi lautan... ternyata tour guide disana menjelaskan bahwa ketika anak sungai itu mengalir, dari bawahnya timbul banyak mata mata air... curah hujanpun terbesar turun disekitar sungai yg mengalir, sungai Jordan menarik banyak anak anak sungai utk bersatu mengalir ke situ... sehingga air itu dtg dari bawah, dari atas, dari kiri kanan... itulah berkat ajaib yg didptkan dari hidup rukun dlm tali persaudaraan yg Tuhan katakan. Kerukunan menarik berkat turun dari atas, Tuhan memberkati anak anak yg hidup rukun, dari bawah bumi mengeluarkan berkat berkat bagi Kerukunan anak anak Tuhan, dan dari kiri kanan orang orang digerakkan Tuhan utk memberkati keluarga yg hidup rukun...

Saya berdoa dan mendorong setiap rumah tangga rumah tangga yg ada, hiduplah rukun... suami istri saling mengasihi dan menghormati... anak anak taati orang tuamu... komsel ataupun Soul-mates yg ada, hiduplah rukun dlm komunitas yg ada supaya dibentuk, sebab kesitulah berkat Tuhan selalu mengalir.

Smile... and keep on taking the Journey to Perfection TOGETHER!!!
For Jesus loves you and so do I

dibuat pada : 2017-01-03 19:12:22

Selasa, 3 Januari 2017

Mazmur 131:1-3
"...Nyanyian Ziarah Daud. TUHAN, Aku Tidak Tinggi Hati, Dan Tidak Memandang Dengan Sombong; Aku Tidak Mengejar Hal-hal Yang Terlalu Besar Atau Hal-hal Yang Terlalu Ajaib Bagiku.
Sesungguhnya, Aku Telah Menenangkan Dan Mendiamkan Jiwaku; Seperti Anak Yang Disapih Berbaring Dekat Ibunya, Ya, Seperti Anak Yang Disapih Jiwaku Dalam Diriku.
Berharaplah Kepada TUHAN, Hai Israel, Dari Sekarang Sampai Selama-lamanya!"

---> Mazmur Daud Pagi Ini Mengajarkan Kita Satu Perkara Penting, Bagaimana Anak Anak Tuhan Dpt Belajar Utk Hidup Tdk Tinggi Hati, Memandang Hidup Dan Memandang Orang Lain Dgn Tdk Sombong...

Perhatikan Ayat 2 Dari Mazmur 131 Diatas:
"...Sesungguhnya, Aku Telah Menenangkan Dan Mendiamkan Jiwaku; Seperti Anak Yang Disapih Berbaring Dekat Ibunya, Ya, Seperti Anak Yang Disapih Jiwaku Dalam Diriku..."
---> Daud Telah Belajar Dan Berhasil MENDIAMKAN Jiwanya Sendiri, Seakan Memisahkannya Dari Dirinya Atau Dari Roh-nya, Sama Spt Seorang Anak Yg Lepas Susu, Disapih, Tdk Lagi Menerima Susu Dari Ibunya.

Hal Ini Tdk Terlalu Mudah Utk Dicerna, Tapi Coba Renungkan Sebentar, Sbg Manusia Yg Adalah Mahluk Roh, Yg Memiliki Jiwa Dan Hidup Didlm Tubuh Atau Daging, Yg Seringkali Melemahkan Kita Adalah Daging Dan Jiwa Kita. Utk Keinginan Daging Sendiri, Sebetulnya Banyak Dipengaruhi Oleh Jiwa Kita. Didlm Jiwa Ada Pikiran, Perasaan Dan Kehendak Atau Emosi... Seringkali Justru Pikiran, Perasaan Dan Kehendak Kitalah Yg Sering Merongrong Kita Utk Jatuh... Ketika Kita Membiasakan Diri Utk Terus Menerus Mengikuti Keinginan Jiwa Kita Sendiri, Memberi Makan Pikiran, Perasaan Dan Kehendak Kita Sebagaimana Jiwa Kita Inginkan, Maka Bukan Hanya Hal Itu Merusak Hidup Kita (sebab Keinginan Kita Adalah Sesuatu Yg Keliru Dan Menyimpang), Tapi Juga Akan Membuat Kita Menjadi Angkuh Atau Sombong... Keinginan Keinginan Perasaan, Pikiran Dan Kehendak Yg Membentuk Jiwa Itu Selalu Akan Mendahulukan Diri Sendiri, Tdk Perduli Yg Lain... Seorang Anak Bayi Adalah Mahluk Yg Paling Egois, Jika Tdk Perlahan Lahan Diarahkan Dan Diubah Pola Hidupnya, Maka Satu Kali Nanti Bayi Tsb Akan Menjadi Mahluk Yg Sangat Buas Dan Jahat... Bayi Yg Menyusu Akan Minta Susu Kapan Saja Dimana Saja... Dia Tdk Perduli Ibunya Sudah Makan Atau Belum, Dia Tdk Perduli Di Bus Atau Di Pasar, Kalau Dia Ingin Menyusu, Dia Menangis Kalau Perlu Menjerit Utk Dipuaskan... Begitu Egoisnya... Dan Kalau Sudah Kenyang Dia Tidur Atau Buang Kotoran, Maka Orang Lain-lah Yg Harus Membersihkannya...

Spt Itulah Jiwa Yg Terus Menerus Dipuaskan... Firman Tuhan Melalui Mazmur Daud Pagi Ini Mengajar Kita Bahwa Utk Belajar Rendah Hati, Kita Perlu Memperlakukan Jiwa Kita Sendiri Spt Bayi Yg Lepas Susu, Disapih... Tetap Ada Di Samping Kita, Bersama Sama Dgn Kita, Tapi Sekarang Harus Belajar Tahu Aturan... Tahu Waktu Dan Tempat... Belajar Sopan Dan Bisa Mengerti Arti Kata 'TUNGGU! Atau WAIT!' Bayi Yg Lepas Susu Akan Tetap Mendapat Makanan Dan Susu, Tapi Pada Waktu Waktu Yg Tepat, Dgn Cara Yg Benar, Belajar Utk Bisa Diajar Dan Diarahkan... Itulah Cara Daud Belajar Rendah Hati, Dia Mendiamkan Tangisan Jiwanya Yg Merengek Rengek... Dia Abaikan Perasaan Dan Pikiran Yg Keliru Yg Terus Menerus Menuntut... Dan Sekarang Jiwanya Bisa Diajar, Diperintah Dan Diarahkan... Roh Tuhan Didlm Rohnya Itulah Yg Mengarahkan Perasaan, Pikiran Dan Kehendaknya. Spt Itu Juga Cara Saudara Dan Saya Berjalan Menuju Kesempurnaan... Journey To Perfection... Pisahkan Jiwamu... Ajar Jiwamu Spt Anak Yg Lepas Susu, Perintahkan Jiwamu Utk Belajar Kata 'TUNGGU!' Jika Tuhan Belum Memberi... Perintahkan Jiwamu Utk Membersihkan Kotorannya Sendiri Bukan Sekedar Nangis Dan Minta Tolong Spt Bayi,... Itu Namanya Tanggung Jawab! Latih Jiwamu Utk Terima Dan Makan Yg Sehat Sekalipun Keras Supaya Tdk Selalu Minta Susu, Dgn Demikian Jiwamu Akan Menjadi Sehat Dan Kuat, Itulah Teachable Heart!

Secara Perlahan Tapi Pasti, Jika Jiwa Kita Diajar Dan Dipisahkan Spt Anak Lepas Susu, Maka Satu Kali Engkau Akan Tampil Sbg Pribadi Yg Dewasa Dan Matang, Tdk Cengeng Dan Penuh Tanggung Jawab Kuat Bahkan Bisa Berguna Dan Menolong Orang Lain... Anak Yg Telah Lepas Susu Akan Perlahan Tumbuh Dewasa Dan Kuat,... Bahkan Satu Kali Bisa Menggendong Ibunya Sendiri Yg Telah Menjadi Lemah... Jika Saudara Mau Bertumbuh Dewasa Dan Disempurnakan, Bahkan Kuat Menggendong Yg Lain, Menopang Yg Lemah Dan Berguna Bagi Banyak Orang,... Mulailah Belajar Rendah Hati, Belajar Mendiamkan Jiwamu Yg Terus Menerus Merengek Rengek...

Smile And Keep On Taking The Journey To Perfection
Jesus Loves You And So Do I

dibuat pada : 2017-01-02 19:56:41

Jumat, 30 Desember 2016

Mazmur 126:1-6
"...Nyanyian ziarah. Ketika TUHAN memulihkan keadaan Sion, keadaan kita seperti orang-orang yang bermimpi.
Pada waktu itu mulut kita penuh dengan tertawa, dan lidah kita dengan sorak-sorai. Pada waktu itu berkatalah orang di antara bangsa-bangsa: "TUHAN telah melakukan perkara besar kepada orang-orang ini!"
TUHAN telah melakukan perkara besar kepada kita, maka kita bersukacita.
Pulihkanlah keadaan kami, ya TUHAN, seperti memulihkan batang air kering di Tanah Negeb!
Orang-orang yang menabur dengan mencucurkan air mata, akan menuai dengan bersorak-sorai.
Orang yang berjalan maju dengan menangis sambil menabur benih, pasti pulang dengan sorak-sorai sambil membawa berkas-berkasnya."

---> Dlm keadaan yg berat, satu satunya penghiburan yg dimiliki Israel adalah 'JANJI'. Janji akan pemulihan bagi Israel inilah yg membuat mereka tetap kuat dan akhirnya menikmati berkat berkat Tuhan...

Janji membuat mereka melakukan hal hal ini:
- Menabur dgn mencucurkan air mata...
- Berjalan maju sambil menangis sambil Menabur benih...

Inilah 2 hal yg dilakukan Israel dan ini juga yg Tuhan mau kita kerjakan diwaktu waktu kedepan utk menikmati pemulihan Sion.

Perhatikan benih yg engkau tabur... jika engkau menabur benih kejujuran, kebenaran, kebajikan, kemurahan hati, engkau akan menuai buah dari benih yg engkau tabur...‎ Pastikan bahwa kita tdk akan lagi menabur benih benih yg busuk dan jahat agar buah yg kita tuaipun, panen raya nanti adalah panen raya yg baik sebab berasal dari benih yg baik. Masuk tahun 2017, pastikan hati kita penuh dgn benih benih yg bijaksana dan benar, tabur didlm hidupmu benih benih kebenaran itu.

Yg kedua, pastikan dlm keadaan sesulit apapun, engkau tetap 'berjalan maju! Bukan mundur' bahkan ketika susah sekalipun, engkau tetap berjalan maju dgn menabur benih benih kebajikan... hidupi Firman Tuhan dgn benar, bekerja dan berusaha terus dan jgn putus harapan... masih ada hari esok bagimu.

Israel melakukan 2 hal tsb, tahukah saudara, sungguh sungguh saat ini, Tuhan telah memulihkan barang air kering di tanah Negeb atau Negev dessert... Padang gurun Negev ada di bawah pegunungan Sinai diselatan Israel, wilayah yg tandus dan benar benar tdk ada tanda tanda kehidupan disana, tapi hari ini, wilayah Negev dessert adalah wilayah perkebunan dan vineyard (penanaman anggur utk wine)... Wine dari Negev dessert memiliki qualitas yg bahkan lebih baik dari pada wine dari wilayah Riviera France... buah buahan dari wilayah Negev dessert di export sampai ke Eropa, America, Timur Tengah bahkan Asia‎... buah buahan organic dgn qualitas terbaik didunia... bagi orang pada waktu itu, itu sebuah mimpi... tdk masuk akal, tdk terpikirkan sama sekali... apa yg mungkin tumbuh di padang gurun? Tapi Tuhan memulainya dgn memberi hikmat... air Laut di suling menjadi air murni utk minum dan mengairi wilayah wilayah tandus... serangga serangga tertentu dikembangkan utk melakukan pollination (pembuahan serbuk sari melalui serangga) bahkan serangga tertentu di kembangkan utk memangsa serangga perusak tanaman, sehingga tdk perlu menggunakan bahan kimia utk membuat pestisida. Unsur hara di padang gurun Negev sekarang menjadi jauh lebih subur... Tuhan telah memulihkan batang air kering di tanah negev!

Rindukah engkau dipulihkan? Akan jadikah tahun depan menjadi tahun dimana juga hasil tanahmu diberkati Tuhan sampai menjadi buah bibir orang banyak? Pertanyaan yg benar seharusnya adalah:
Beranikah engkau ‎melakukan 2 hal yg dilakukan Israel?
Menabur benih baik... benih benih kebenaran... kejujuran... kebajikan... kemurahan... kelemah lembutan... kerendahan hati... itulah takut akan Tuhan

Lalu tetap berjalan maju sekalipun harus mencucurkan air mata... Tuhan mu melihat dan tdk buta, sama spt Dia memulihkan barang air kering di tanah Negev, Diapun akan memulihkan keadaanmu...

Smile.. it's the last weekday of 2016... keep on taking the Journey to Perfection For Jesus loves you and so do I.

dibuat pada : 2016-12-29 19:01:32

Kamis, 29 Desember 2016

Mazmur 121:1-4
"Nyanyian ziarah. Aku melayangkan mataku ke gunung-gunung; dari manakah akan datang pertolonganku?
Pertolonganku ialah dari TUHAN, yang menjadikan langit dan bumi.
Ia takkan membiarkan kakimu goyah, Penjagamu tidak akan terlelap.
Sesungguhnya tidak terlelap dan tidak tertidur Penjaga Israel..."

---> Sifat kedagingan kita, manusia, adalah mencari pertolongan dari orang yg kuat dan perkasa ketika kita dlm kesusahan dan kesulitan... Siapakah orang kuat yg saya kenal? Siapakah orang kaya yg baik dgn saya dan bisa menolong saya? Siapakah pejabat besar yg punya pengaruh besar dan kenal baik dgn saya yg bisa menolong saya?.... semua hal tsb adalah manusiawi kedagingan kita yg membuat kita menjerit ketika kita dlm keadaan tertekan...

Daud menemukan bahwa pertolongan yg dia temukan dan yg paling dapat diandalkan adalah pertolongan dari Tuhan sendiri. Gunung gunung yg tinggi dan besar ternyata tdk dpt bergerak dan berbuat apa apa ketika Daud dlm tekanan berat... Dan dari Tuhan sendiri Daud menemukan pertolongan baginya.

Rusia pada masa lalu dipimpin oleh seorang yg takut akan Tuhan dan mengenal Allah yg benar, sebelum Rusia jatuh kedlm tangan komunisme. Alexandr Pavlovich adalah seorang pemimpin yg kenal Tuhan dan hidup benar dihadapan Tuhan... dia hidup pada jaman Napoleon juga memerintah di Perancis, dan karena haus akan kekuasaan, Napoleon menyerang jauh ke timur sampai masuk ke wilayah Rusia... dlm keadaan tertekan, Alexandr Pavlovich lari dan masuk kedlm satu gereja di St Petersberg, sujud dan berdoa disana... Tuhan kemudian mendatangkan satu badai salju yg terburuk di Eropa sehingga tentara Napoleon yg tdk biasa berperang dlm keadaan badai salju yg begitu dasyat, tdk mampu bertahan dan memutuskan utk kembali ke barat...

Jgn tunggu sampai engkau menemukan bahwa gunung gunung disekelilingmu tdk dpt berbuat apa apa... belajar utk menyadari kebenaran ini sejak awal dan andalkan Tuhan sejak semula, sebab dari pada TUHAN sendirilah akan dtg pertolongan bagi kita...

Ketika sakit, dtg kepada TUHAN terlebih dahulu dan andalkan Tuhan lebih dari pada dokter... ketika susah, sebelum lari kekanan ke kiri, berlutut dan minta hikmat Tuhan terlebih dahulu...jika hidupmu dibangun sedemikian rupa, maka penjaga mu, penjaga Israel akan terbukti dlm hidupmu.

Smile and keep on taking the Journey to Perfection...
Jesus loves you and so do I

dibuat pada : 2016-12-28 19:25:09

Rabu, 28 Desember 2016

Mazmur 118:19-23
"Bukakanlah aku pintu gerbang kebenaran, aku hendak masuk ke dalamnya, hendak mengucap syukur kepada TUHAN.
Inilah pintu gerbang TUHAN, orang-orang benar akan masuk ke dalamnya.
Aku bersyukur kepada-Mu, sebab Engkau telah menjawab aku dan telah menjadi keselamatanku.
Batu yang dibuang oleh tukang-tukang bangunan telah menjadi batu penjuru.
Hal itu terjadi dari pihak TUHAN, suatu perbuatan ajaib di mata kita..."

---> Banyak hal yg tdk menentu di waktu waktu kedepan... banyak pilihan yg diperhadapkan kpd kita yg harus kita ambil dan jalan yg harus kita tempuh, yg mana yg harus kita pilih? Ada jalan yg benar dan yg nyaris benar... ada yg mulia dan ada juga yg terlihat mulia, lalu bagaimana kita tahu mana yg sungguh sungguh benar?

Perhatikan hikmat yg keluar dari mulut pemazmur, ketika dia berdoa minta utk dibukakan 'pintu gerbang kebenaran' agar dia boleh masuk kedlmnya dan bersyukur kpd Tuhan olehnya...‎ inilah pintu gerbang kebenaran yg didoakan Daud:
"Batu yg dibuang orang, telah menjadi batu penjuru...Hal itu terjadi dari pihak TUHAN, suatu perbuatan ajaib di mata kita..."

Inilah rahasia utk menempuh jalan hidup diwaktu waktu kedepan, suatu perbuatan ajaib yg terjadi dimata kita, apabila engkau mengambil atau menerima 'BATU PENJURU' yg dibuang oleh orang, tapi justru bagimu Batu Penjuru itu berharga dan mulia, maka bagi mu, Batu Penjuru itu adalah keajaibanmu... siapakah Batu Penjuru itu? 1 Petrus 2:6 mengatakan: "Sebab ada tertulis dalam Kitab Suci: "Sesungguhnya, Aku meletakkan di Sion sebuah batu yang terpilih, sebuah batu penjuru yang mahal, dan siapa yang percaya kepada-Nya, tidak akan dipermalukan."
‎--> Kristus yg lahir di Natal Pertama itulah Batu Penjuru di Sion, bagi banyak orang Dia tdk berharga, bahkan dibuang, tapi bagi kita yg percaya,, justru itulah jawaban kita, maka spt yg 1 Petrus 2:6 katakan, engkau tdk akan dipermalukan...

‎Dlm satu pertempuran pada perang dunia ke 2, ada seorang prajurit America bernama John Daniel yg ditugaskan berperang digaris depan... dlm pertempuran yg sangat sengit, komandan-nya memberi perintah utk John Daniel lompat ke wilayah kubu kubu musuh... John Daniel tahu bahwa hal itu adalah perbuatan yg memerlukan ketanguhan luar biasa dan sangat mengandung resiko tinggi... John melihat kpd jam tangannya lalu menunggu... 3 kali sang komandan memberi perintah dan John melakukan hal yg sama, melihat kpd jam tangannya dan menunggu, namun tiba tiba John Daniel dgn berani dan gagah perkasa melompat ke kubu kubu musuh dan dgn begitu tangguh dari tangannya sendiri, puluhan pasukan musuh telah dia tewaskan... bahkan markas markas persenjataan musuh berhasil dia ledakan... John Daniel menjadi pahlawan yg sangat mencuat namanya dlm pertempuran di bagian selatan Germany... setelah pertempuran itu selesai, sang komadan mendekati John dan bertanya, kenapa 3 kali dia memerintahkan John, dia selalu melihat ke jam tangannya, namun tiba tiba spt seorang pahlawan yg baru lahir, dia begitu perkasa di medan pertempuran?

John Daniel berkata: 'ibuku berpesan, setiap jam 9 pagi, jam 3 siang, dan jam 9 malam, ibu akan masuk dlm doa utk kamu... ibu akan berjuang dgn tentara malaikat Tuhan utk menutup bungkus kamu John...' John Daniel juga menambahkan, ' Aku tahu pertempuran itu sangat sengit, dua kemungkinan akan terjadi bagiku, aku mungkin mati‎ tertembak atau menang secara luar biasa... sedikit saja aku salah melangkah, pasti aku mati. Maka aku memilih utk melangkah dlm perlindungan kuasa doa yg ibuku naikan...'

Bagi banyak orang, Kristus dan kebenaran Firman Tuhan adalah olok olokan, dibuang, disia siakan, dilecehkan,... tapi bagi kita, jika Batu Penjuru itu kita terima, maka itulah Pintu Gerbang Kebenaran, yg melaluiNya, engkau tdk akan dipermalukan.

Hari hari kedepan, melewati banyak ketidak pastian, ingat bahwa selalu kita memerlukan Kristus... berjalan hanya sesuai Firman Nya, sebab itulah pintu gerbang kebenaran yg tdk akan membuat engkau dipermalukan!

Smile and keep going in your Journey to Perfection.

dibuat pada : 2016-12-27 19:52:39